Ulama’ Kudus & Pemangku Makam Wali Di Jawa Hadiri Pemasangan Luwur Sunan Muria

Ulama’ Kudus & Pemangku Makam Wali Di Jawa Hadiri Pemasangan Luwur Sunan Muria

Kudus, Isknews.com – Sebagai puncak acara pada buka luwur Raden Umar Sa’id Sunan Muria adalah penggantian luwur, namun ada yang berbeda di tahun ini, jika tahun lalu pemasangan luwur dilaksanakan pagi dan siang hari, namun untuk tahun ini kedua acara tersebut dijadikan satu pada minggu pagi pukul 06.30 sampai selesai (16/10/16).

Nur Khudri panitia Haul Sunan Muria Sekaligus Sekretaris Umum Yayasan Masjid Dan Makam Sunan Muria (YM2SM) Kepada Isknews.com menjelaskan bahwa upacara yang hanya diikuti Oleh para kyai dan tokoh masyarakat, diawali dengan Sambutan pengurus YM2SM KH.Not Hamim, Iftitahul Majlis oleh KH. Nashroh, Yasin Oleh KH.Abdul Manan, Tahlil Oleh KH.Khoiruzad, pembacaan do’a Asyuro’ oleh KH.Ulil Albab Arwani.

BACA JUGA :  TASYAKURAN KE-71 DALAM RANGKA HUT PGRI DAN HGN TH 2016 WILAYAH KEC.GEBOG

Nur Khudri panitia Haul Sunan Muria Sekaligus Sekretaris Umum Yayasan Masjid Dan Makam Sunan Muria (YM2SM) Kepada Isknews.com menjelaskan bahwa upacara yang hanya diikuti Oleh para kyai dan tokoh masyarakat, diawali dengan Sambutan pengurus YM2SM KH.Not Hamim, Iftitahul Majlis oleh KH. Nashroh, Yasin Oleh KH.Abdul Manan, Tahlil Oleh KH.Khoiruzad, pembacaan do’a Asyuro oleh KH.Ulil Albab Arwani.

Setelah kegiatan tersebut, lanjut Khudri, dilaksanakan bancaan atau kepungan dengan menghadirkan 600 Tamu undangan diantaranya Dari Pemerintah Kabupaten Kudus Yang diwakili, Muspida, Muspika, Kemenag, Dinas Pendidikan, LP. Ma’arif NU, Lembaga Pendidikan, Perangkat Desa di Wilayah Dawe dan Tamu undangan lain.

Selain ulama Kudus, dalam upacara penggantian luwur juga dihadiri Oleh pengurus Makam wali 9 Yang tergabung dalam Perhimpunan pemangku Makam Auliya ‘sejawa, ditambah undangan Dari pengurus Makam Sunan Asmorokhondi, Sunan Raden Fatah, Dan juga dari Banten. “Mereka (12 pengurus Makam wali tersebut) Ikut menyaksikan Puncak Acara buka luwur yang sebenarnya Adalah Peringatan Khaul Mbah Sunan Muria.” Pungkasnya. (AS)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post