Umat Hindu Kudus Lakukan Sembahyang Pada Peringatan Hari Raya Saraswati

oleh
Foto: Istimewa

Kudus, ISKNEWS.COM – Umat Hindu di Kabupaten Kudus tak melepaskan momen perayaan hari raya saraswati. Hari saraswati sebagai hari yang penting bagi umat hindu, khususnya bagi peserta didik/siswa/mahasiswa atau yang bergelut di dunia pendidikan.

Bagi umat Hindu, saraswati dipercayai sebagai hari turunnya ilmu pengetahuan yang suci kepada umat manusia. Guna ilmu untuk kemakmuran, kemajuan, perdamaian, dan meningkatkan kualitas umat manusia di hadapan Sang Hyang Widi Wase (Tuhan).

TRENDING :  Kerupuk Arum Manis, Makanan Tradisional yang Coba Bangkit Lagi

Hanya saja, perayaan saraswati Sabtu (11/5/2019) malam, dirayakan sembahyang di rumah umat masing-masing, tepatnya di daerah kecamatan Bae dan Kecamatan Kota.

Mereka tidak sembahyang bersama jemaat Hindu lainnya, dikarenakan banyak yang berlibur ke rumah keluarga/orangtuanya di Semarang dan Klaten, sehingga mereka dapat bersembahyang dengan keluarganya di luar kota Kudus.

Menurut I Putu Dantre, Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Kudus, perayaan saraswati yang sederhana tak mengurangi hikmah perayaan tersebut. semoga bangsa Indonesia tetap mampu hidup rukun dan damai.

TRENDING :  Cara Mudah Pantau Kondisi Kesehatan Lansia

Putu berharap, semoga umat Hindu di Kudus difasilitasi pemda dibangunkan Pura. Bl dibangun umat sendiri, belum siap secara finansial.

Menyikapi hal ini, Moh Rosyid, pegiat komunitas lintas agama dan kepercayaan di Kudus menyatakan, Pemda haruslah tanggap dengan insiatif membangun destinasi wisata baru yang di dalamnya terdapat ragam tempat ibadah.

TRENDING :  Daftar Pasar Tradisional di Kudus

Destinasi multi tempat ibadah ini belum ada di Pantura sehingga bisa dijadikan media pembelajaran peserta didik untuk mengerti ragam tempt ibadah, tidak hanya melalui media visual, tapi media nyata.

“Umat Hindu pun dapat memanfaatkan untuk sembahyang secara permanen dan nyaman,” tandas dosen IAIN Kudus itu. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :