Umbul Sarung Karya Chandra, Juarai Kompetisi Fotografi Kemendikbud

oleh
Proses penyerahan hadiah oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy pada Chandra Bagus Hariyadi Nakayuni, di Gedung Ki Hajar Dewantara, Plazza Instan Berprestasi Lt. 1 Kemendikbud pada Rabu (15-08-2018).

Kudus, ISKNEWS.COM – Tak disangka, karya sederhana milik Chandra Bagus Hariyadi Nakayuni yang mengusung tema Umbul Sarung, mampu menjuarai kompetisi fotografi tingkat pelajar yang digelar Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Meski mengusung konsep sederhana, namun foto karya Chandra ini memiliki makna yang mendalam.

Proses penyerahan hadiah oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy pada Chandra Bagus Hariyadi Nakayuni, di Gedung Ki Hajar Dewantara, Plazza Instan Berprestasi Lt. 1 Kemendikbud pada Rabu (15-08-2018).

Foto yang menggambarkan sekumpulan anak-anak yang tengah asyik bermain sarung dengan cara diumbul-umbulkan (dibuang ke atas hingga membentuk selongsong -Red) itu berhasil menyita perhatian juri. Chandra menjelaskan, foto tersebut memiliki makna pentingnya berkonsentrasi dalam melakukan segala sesuatu. Seperti anak yang tengah mengumbulkan sarung, dia harus berkonsentrasi dalam menetapkan arah angin serta kekuatannya dalam menerbangkan sarung tersebut. Setelah itu, dia harus yakin dan percaya diri bahwa sarung itu akan terbang.

TRENDING :  SMKN 2 Kudus Sabet Perak Dalam Kompetisi Fotografi Jurnalistik

Siswa SMK Negeri 2 Kudus tersebut, mengungkapkan kompetisi fotografi Kemendikbud ini bukan kali pertama baginya. Pada tahun sebelumnya, ia pernah mengikuti kompetisi yang sama dan berhasil menyabet gelar Juara 2.

“Pada tahun kemarin 2017, saya mengusung tema Yuk Belajar, dapat Juara 2. Untuk tahun ini, saya dan pembimbing, Abdul Kholiq Noor, mencoba tema yang lebih berbeda dan menarik yakni Umbul Sarung,” ujarnya.

Diterangkannya, gagasan itu muncul dari diskusi yang dilakukannya bersama guru pembimbing. Abdul Kholiq Noor mengungkapkan dirinya dan Chandra memang fokus ke aktivitas-aktivitas sesuai tema yang ditentukan. Setelah melalui proses pencarian ide, didapatlah ide umbul sarung itu.

TRENDING :  Kerja Sambilan Agus Tembus Omzet Puluhan Juta

Kepala SMK Negeri 2 Kudus, Harto Sundoyo, menyampaikan prestasi yang diraih Candra berhasil menambah deretan penghargaan bagi sekolah yang terletak di desa Rejosari itu. Keberhasilan ini menandakan, prestasi sekolah tidak hanya didominasi oleh prestasi di bidang akademik saja.

“Sekolah memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada siswa untuk mengembangkan bakat dan keterampilannya. Dengan begitu pengembangan kualitas guru dan siswa bisa mencakup di semua lini,” jelasnya.

Dia mengungkapkan, pihaknya selalu mengembangkan bakat dan keterampilan siswa dalam berbagai bidang. Seperti seni, olahraga, akademik, teknik, hingga jurnalistik. Dan hal ini terbukti memberikan hasil yang cukup bagus, caranya dengan memupuk motivasi siswa untuk bersemangat maraih prestasi hingga tingkat nasional.

TRENDING :  Serah Terima Bedah Rumah Veteran Oleh Kapolsek Kota,Danramil Kota dan Camat Kota

Keberhasilan Chandra dalam mejuarai kompetisi fotografi tingkat pelajar ini mempertemukannya pada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy. Bertempat di Gedung Ki Hajar Dewantara, Plazza Instan Berprestasi Lt. 1 Kemendikbud pada Rabu (15-08-2018), Chanda mendapat hadiah uang pembinaan dan sertifikat yang diserahkan langsung oleh Muhadjir Effendy.

Rasa bangga dan haru menyelimuti hati Chandra, waktu itu. Sebuah kebanggan bisa kembali mengharumkan nama almamater dan keberhasilannya kali ini menjadi pelecutnya untuk terus bekerja dan berkarya.(NNC/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :