UMKM Bisa Terbang Tinggi Jika Tertib Perizinan

by
ISKNEWS.COM
Salah satu pemateri sedang memberikan paparan kepada para pelaku UMKM di Kabupaten Pati di Hotel New Merdeka, beberapa waktu lalu. (Ivan Nugraha)

Pati, ISKNEWS.COM – Produk yang dihasilkan UMKM di Kabupaten Pati didorong untuk tertib dalam hal perizinan. Tertibnya perizinan tersebut diakui menjadi jembatan pemasaran UMKM supaya lebih luas.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Pati Sugiyono melalui Kasi Pengembangan Penanaman Modal Sunarto, dalam kegiatan temu usaha pengembangan kemitraan antara usaha menengah besar dengan UMKM di Hotel New Merdeka, beberapa waktu lalu.

”Tertibnya UMKM melakukan perizinan ini memang bisa meningkatkan pemasaran UMKM tersebut. Sebab legalitas usaha memang sangat diperlukan. Seperti IRT, SIUP, TDP,” terangnya.

TRENDING :  Jelang Idul Adha Harga Kambing Diprediksikan Akan Naik, Eh Ternyata Harga Kambing Malah Turun

Untuk menembus pasar yang lebih luas, lanjut Sunarto, legalitas sangat diperlukan. Seperti usaha yang bersifat perseorangan seperti UD menjadi CV misalnya, hal itu juga sangat berpengaruh dalam hal pelebaran pemasaran sebuah produk UMKM.

TRENDING :  Ini Hasil Mediasi Warga Desa Wedusan

”Pergerakan mereka bisa luas. Selain itu dalam kemitraan dengan usaha menengah besar, legalitas-legalitas semisal izin IRT dan lainnya menjadi sangat penting. Seperti untuk menembus pasar supermarket hal tersebut harus dipenuhi,” imbuhnya.

TRENDING :  Pecahkan Masalah Sampah Pemkab Pati Bangun Sistem Sanitary Landfill

KOMENTAR SEDULUR ISK :