UMKM Bisa Terbang Tinggi Jika Tertib Perizinan

oleh
Salah satu pemateri sedang memberikan paparan kepada para pelaku UMKM di Kabupaten Pati di Hotel New Merdeka, beberapa waktu lalu. (Ivan Nugraha)

Pati, ISKNEWS.COM – Produk yang dihasilkan UMKM di Kabupaten Pati didorong untuk tertib dalam hal perizinan. Tertibnya perizinan tersebut diakui menjadi jembatan pemasaran UMKM supaya lebih luas.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Pati Sugiyono melalui Kasi Pengembangan Penanaman Modal Sunarto, dalam kegiatan temu usaha pengembangan kemitraan antara usaha menengah besar dengan UMKM di Hotel New Merdeka, beberapa waktu lalu.

TRENDING :  Panen Melimpah, Petani Kopi Dulang Rezeki

”Tertibnya UMKM melakukan perizinan ini memang bisa meningkatkan pemasaran UMKM tersebut. Sebab legalitas usaha memang sangat diperlukan. Seperti IRT, SIUP, TDP,” terangnya.

Untuk menembus pasar yang lebih luas, lanjut Sunarto, legalitas sangat diperlukan. Seperti usaha yang bersifat perseorangan seperti UD menjadi CV misalnya, hal itu juga sangat berpengaruh dalam hal pelebaran pemasaran sebuah produk UMKM.

”Pergerakan mereka bisa luas. Selain itu dalam kemitraan dengan usaha menengah besar, legalitas-legalitas semisal izin IRT dan lainnya menjadi sangat penting. Seperti untuk menembus pasar supermarket hal tersebut harus dipenuhi,” imbuhnya.

TRENDING :  Inflasi Kudus Oktober 2016 Tertinggi Kedua Di Jawa Tengah

Kegiatan temu usaha ini dilakukan selama dua hari. Selain mendorong legalitas perizinan untuk menunjang pasar yang lebih luas, hal tersebut juga akan menjadikan iklim investasi di Kabupaten Pati menjadi lebih baik, sesuai dengan semangat Pati Pro Investasi yang sedang digencarkan.

TRENDING :  Puskesmas Karimunjawa Diakreditasi

”Dua hari dilaksanakan temu usaha ini memang masih ada beberapa yang belum memiliki sejumlah perizinan. Seperti IRT, saya menanyakan ke beberapa peserta, ada yang mengaku baru melangkah untuk itu. Nah dengan ini kami akan terus mendorong. Supaya iklim investasi makin baik, dan UMKM sendiri juga makin maju dengan luasnya pasar yang bisa mereka jajaki,” imbuhnya. (IN/RM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :