UN 2018 Tingkat SMA Sederajat Diwacanakan Ada Soal Bentuk Esai

by
ISKNEWS.COM

Kudus, isknews.com – Ujian Nasional (UN) 2018 tingkat SMA dan SMK rencananya agak berbeda dengan UN tahun sebelumnya. Kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), mulai tahun ini, soal UN untuk SMA/SMK/MA se-derajat wacananya tidak hanya pilihan ganda. Tapi ada soal ujian esai.

Ketua majelis musyawarah kepala sekolah (MKKS) SMA Kudus, Sri Haryoko, menyebutkan meski belum ada petunjuk dan teknisnya dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pernah mewacanakan kalau UNAS ada esainya, cuma sampai saat ini belum ada petunjuk. “Selama belum turun petunjuk pihaknya menganggap masih wacana,” ujarnya

Keputusan tersebut pihak sekolah jika benar terjadi, harus mempersiapkan diri. Meski untuk secara pastinya belum ada kepastian, tapi pihak sekolah juga siap sebelumnya.

TRENDING :  Tunggu Masa Jeda UTS, Siswa Siswi Ini Diajari Bertani Di Sawah

Dijelaskan, Persiapan latihan-latihan pilihan ganda dan esai untuk siswa juga sudah dilakukan. Sebetulnya tidak ada persoalan mengenai diterapkannya UNAS menggunakan esai atau hanya pilihan ganda, karena ulangan harian atau semesteran juga bentuknya esai.

TRENDING :  Perbaikan Jalan Rusak Akibat Longsor Rahtawu Ditarget Selesai Sebelum Lebaran

Untuk mengantisipasi bila aturan tersebut benar-benar diterapkan, lanjut Haryoko, maka ada rencana simulasi juga memakai piranti komputer dan essay. “Tujuan dari pada diterapkannya ujian esai ini untuk pengembangan pola pikir anak dalam menjawab soal. Untuk teknisnya belum tahu persis seperti apa, untuk saat ini adalah proses pendaftaran peserta UNAS,” jelasnya

TRENDING :  Mengintip Keseruan Eagle Cosplay Competition 2017

KOMENTAR SEDULUR ISK :