Undaan Gelar Jambore Ranting Lebih Awal di Kabupaten Kudus

oleh -1,108 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Dalam rangka memperingati hari jadi pramuka yang ke – 54 Kwaran undaan gelar jambore ranting di Lapangan Desa Undaan Kidul, acara yang diikuti oleh 56 pangkalan yang dimulai dari tingkat SD/MI sampai SMP/SLTP sekecamatan undaan dimulai pada hari ini tanggal 12 Agustus hingga tanggal 14 Agustus 2015 mendatang Rabu, 12/08.

Untuk memperingati hari jadi pramuka pada tahun ini mengambil tema “Pramuka Garda Terdepan Pelaku perubahan dalam pembentukan kaum muda” beberapa lomba telah dipersiapkan oleh panitia penyelenggara seperti ketoprak humor, tari modern hingga tradisional, lomba egrang, dll. Meskipun musim kemarau yang pada siang hari matahari mulai menyengat sejumlah peserta merasa kepanasan sehingga air sangat diperlukan pada saat itu, namun semangat dalam pramuka yang tertanam oleh para peserta tidak menjadi kendala.

Hal ini telah diatasi oleh pihak penyelenggara untuk mengantisipasi mencegah peserta kepanasan, seperti yang diutarakan Kepala Kwaran Undaan H Asyrofi Arif bersama Sekretaris Panitia Rofika saat ditemui isknews.com mengatakan “Kami telah berkoordinasi dengan masyarakat, PDAM, serta MCK dari karang taruna mengenai air bilamana dibutuhkan oleh peserta jambore ranting mulai dari mandi serta kebutuhan yang lainnya” ungkapnya.

Ditambahkan juga oleh Kepala Kwaran Undaan bahwa jambore tingkat ranting ini dilaksanakan lebih awal dari kwaran dikecamatan lainnya di Kabupaten Kudus, sehingga bertepatan dengan hari jadi pramuka yang ke – 54 itu tambahnya.

Selain itu, ada yang berbeda dalam pelaksanaan jambore ranting undaan dari sebelumnya. Dimana letak setiap pangkalan sebelumnya dipisahkan yang sebelah utara putra dan yang sebelah selatan adalah putri, namun sekarang setiap pangkalan digabung menjadi satu antara putra dan putrid dalam tenda yang berbeda. Hal ini bertujuan untuk mempermudah pengawasan, mempermudah saat orang tua peserta menjenguk, serta mempermudah agar peserta bisa dikoordinir.

Dengan adanya Jambore ranting (jamran) ini pihak penyelenggara mengaharapkan agar peserta jamran ini mempunyai karakter budi pekerti yang luhur seperti yang dibunyikan dalam Dhasa Dharma Pramuka.(Sholihul Umam/Red)

KOMENTAR SEDULUR ISK :