Undip Bantu Upaya Teknologi Pembibitan Pisang Byar Dawe

by
Undip Bantu Upaya Teknologi Pembibitan Pisang Byar Dawe ISKNEWS.COM
Foto: Bentuk pisang byar khas Dawe. (ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Pisang Kebyar, Pisang Byar atau Pisang tanduk begitu istimewa, terutama karena bentuk fisik buahnya yang besar dan panjang serta melengkung seperti tanduk, panjang pisang ini bisa menapai 35 cm. Akan tetapi pisang byar berbeda dengan pisang lainnya, produksi buahnya hanya sedikit. Satu pohon pisang tanduk hanya bisa menhgasilkan tiga sisir, dan rata-rata tiap sisirnya terdiri dari 10 buah.

TRENDING :  TMMD Sengkuyung II di Klumpit Kudus Akan Betonisasi Jalan Sepanjang 508 Meter

Apabila kita ukur, maka setiap buah berukuran 300 gram. Memiliki kulit yang tebal berwarna kuning sedikit kemerah-merahan dan berbintik coklat. Kemudian daging buag berwarna merah kekuningan.

Selain daripada itu pisang byar ini memiliki aroma yang sangat khas dan kuat namun mempunyai rasa yang manis sedikit asam.
Pisang byar merupakan hasil produksi pertanian khas wilayah Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus. Namun upaya perbanyakan bibit terkendala tidak bisa dilakukan dengan cepat karena masih menggunakan metode tradisional yaitu tunas.

TRENDING :  Hindari Musrik Warga Slungkep Gelar Sholawatan Di Punden Desa

“Pisang byar ini khas. Bila ditanam ditempat lain rasa dan kualitas buahnya berbeda. Ketika kami tanyakan apakah terkendala terkait pemasaran? Jawabnya tidak. Namun bagaimana cara memproduksi jumlah banyak. Selama ini pengembangannya melalui tradisional yaitu menunggu tunas tumbuh. Sehingga membutuhkan waktu,” ujar Catur Sulistiyanto Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kudus.

TRENDING :  STAIN Kudus Wisuda 67 Magister dan 484 Sarjana

KOMENTAR SEDULUR ISK :