Untuk Bisa Ikuti Lomba Perpustakaan SD 3 Jati Wetan Kudus Butuh 4000 Judul Buku

Untuk Bisa Ikuti Lomba Perpustakaan SD 3 Jati Wetan Kudus Butuh 4000 Judul Buku

Kudus, isknews.com – Pembangunan gedung Perpustakaan SD 3 Jati Wetan, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, sudah jadi selesai 100 persen. Mebel dan almari buku pun sudah tertata rapi, di dalam gedung perpustakaan bantuan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab), melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Disdikpora) Kabupaten Kudus itu, demikian pula beberapa unit computer dan alat peraga Ilmu Pelajaran Alam (IPA). Namun untuk jumlah koleksi buku perpustakaannya, SD 3 Jati Wetan itu baru memiliki sekitar 2000 judul, sehingga belum memenuhi syarat untuk bisa mengikuti lomba perpustakaan tingkat sekolah dasar (SD).perpustakaan-jadi-edit

Kepala SD 3 Jati Wetan, Rejeki Handayani, yang dihubungi isknews.com, Rabu (04/1), mengatakan hal itu. Menurut dia, untuk bisa mengikuti lomba perpustakaan sekolah tingkat SD, harus mempunyai buku sedikitnya 5000 judul. Sementara ini, jumlah buku yang ada di koleksi perpustakaan SD 3 Jati Wetan, baru sebanyak 1.810 judul, terdiri dari 1.242 non fiksi dan 568 fiksi. “Dari jumlah yang sudah ada itu, berarti kami masih membutuhkan sebanyak 4000 judul buku. Upaya yang kami tempuh, akan mengajukan ke dinas, pada TA 2017 ini.”

Mengenai pelaksanaan pembangunan gedung perpustakaan, ungkapnya lanjut, karena dikerjakan secara swakelola, bisa dibilang berjalan lancar. Memang sempat ada kendala saat pembangunan sedang berjalan, karena menunggu cairnya anggaran termin ke-III yang mengalami kelambatan. “Namun tukang yang mengerjakan proyek fisik itu jalan terus, tidak mengalami libur, sehingga pembangunan perpustakaan itu bisa selesai pada batas waktu yang ditentukan.”

Dengan telah tersedianya fasilitas perpustakaan di SD 3 Jati Wetan itu, langkah yang akan dilakukan oleh pihaknya, dibantu para guru pembimbing, adalah meningkatkan minat baca para siswa. Caranya adalah dengan membuat jadwal kunjungan ke perpustakaan tersebut, mulai dari kelas-I hingga kelas-VI. Khusus untuk siswa kelas-I dan II, masih disertai pendampingan oleh guru, karena anak-anak itu belum bisa memilih buku mana yang ingin dibaca. “Kalau untuk siswa kelas-III sampai kelas-VI, jadwal kunjungan perpustakaan adakah setiap hari, pada jam istirahat pertama. Sedangkan bagi siswa yang meminjam untuk dibawa pulang, bisa mengambil buku pada jam istirahat kedua,” kata Kepala SD 3 Jati Wetan yang didampingi Ketua Pelaksana Pembangunan Sekolah (P2S), Erna Puji Rahayu.

Seperti diberitakan di isknews.com, SD 3 Jati Wetan, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, menerima bantuan gedung perpustakaan. Bangunan dengan ukuran 7 x 8 meter itu, merupakan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Kudus, didanai dari APBD – Dana Alokasi Khusus (DAK), Tahun Anggaran (TA) 2016. Sesuai yang tertulis di papan proyek, besarnya anggaran yang dialokasikan Rp 145.901.00, waktu pengerjaan 90 hari, terhitung mulai 10 Oktober – Desember 2016. (DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :
BACA JUGA :  Gebyar Maulid & Pengajian SMA 1 Kudus

Share This Post