UPT Puskesmas Ngembal Kulon Kudus, Jadi Puskesmas Pertama Yang Punyai Pelayanan Akupresur

oleh

Kudus, ISKNEWS.COM – Kepala UPT Puskesmas Ngembal Kulon melaksanakan launching pelayanan Akupresur yang bertempat di Aula Puskesmas dan dihadiri oleh Camat Jati Andreas Wahyu siang ini (31-10-2018).

Kegiatan launching pelayanan akupresur diharapkan mampu meminimalisir penggunaan obat kimia untuk keluhan ringan seperti asma, sakit kepala, batuk pilek, nyeri mual dsb.

Selain launching, acara yang diikuti oleh seluruh staff UPT Puskesmas Ngembal Kulon, juga mengadakan selamatan dan doa bersama demi kelancaran dan kesuksesan pelayanan Akupresur ke depannya.

Kepala Puskesmas Ngembal Kulon , Mustiko Wibowo menjelaskan ” Ini merupakan program yang pertama kali dan satu-satunya di Kabupaten Kudus”.

TRENDING :  Ketahuan Bawa Sabu, Warga Kecamatan Mejobo Kudus Diamankan Polisi

“Jadi, Alhamdulillah sekali dari pihak Dinas kesehatan menunjuk untuk mengikuti pelatihan akupresur di Semarang, sehingga menjadikan puskesmas Ngembal Kulon menjadi puskesmas pertama yang mempunyai pelayanan akupresur diantara puskesmas-puskesmas di Kabupaten Kudus,” paparnya.

Seperti yang diketahui, Akupresur adalah terapi tradisional dengan menekan titik-titik tertentu pada bagian tubuh mengikuti saluran-saluran khusus.

Sasaran bagi pelayanan ini adalah semua usia diatas 2 tahun yang mempunyai Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan BPJS, atau seluruh warga desa yang tidak memiliki KIS dan BPJS namun terdaftar sebagai warga desa diantaranya:
Desa Ngembal Kulon, Tumpang Krasak, Megawon, Loram Wetan, Jepang Pakis dan Getas Pejaten.

TRENDING :  Santunan Kematian Di Kudus Segera Cair

Tak ubahnya dengan melakukan pemeriksaan medis lainnya, sebelum dilakukan tindakan akupresur, pasien terlebih dahulu melakukan beberapa tahapan, hanya saja dalam pelayanan ini terlebih dahulu dilakukan Amnese yaitu melihat kondisi dan rekam medis, sebab tidak semua penyakit dapat ditangani dengan pelayanan Akupresur.

Menurut Kemenkes No. 17 th. 2018 tentang, “Himbauan untuk mengurangi penggunaan obat-obatan kimia dan menganjurkan melaksanakan pengobatan tradisional, termasuk menggunakan kembali rempah-rempah sebagai pengganti obat kimia”.

TRENDING :  Olahraga Bersama Bupati Kudus dengan Pegawai Setda

“Saya berharap kedepannya kabupaten Kudus menjadi semakin kaya dengan adanya program ini, dan nantinya bisa menjadi program unggulan di bidang kesehatan, selain itu saya juga memberikan apresiasi kepada teman-teman UPT Puskesmas Ngembal Kulon karena slalu memberikan inovasi dan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat, serta saya juga berharap mudah-mudahan pelayanan berjalan dengan baik, dan sukses.” Ujar Andreas Wahyu. (IM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :