Usaha Makanan Ringan Warga Trangkil Rambah Pasar Jawa Timur

Usaha Makanan Ringan Warga Trangkil Rambah Pasar Jawa Timur

Pati, isknews.com (Lintas Pati) – Manfaatkan hasil pertanian lokal, Aning Hidayati warga Desa/Kecamatan Trangkil, Pati, sukses kembangkan makanan kecil hingga merajai pasar makanan ringan di Jawa Tengah, Yogyakarta bahkan Jawa Timur.

Berkat usaha yang diawali sejak 1989 hingga sekarang itu, Aning mampu mempekerjakan sebanyak 50 orang karyawan baik pria maupun wanita, yang kebanyakan merupakan ibu rumah tangga, tetangganya sendiri.

“Untuk produksi makanan ringan, kami tidak menggunakan mesin. Kami lebih memilih cara manual, dengan begitu kami bisa menyerap tenaga kerja dan membantu mengangkat perekonomiannya juga,” jelasnya.

Selain menjual makanan ringan, Aning mengemban misi untuk meningkatkan harga jual produk pertanian lokal. Dengan begitu, pertanian di Bumi Mina Tani dapat terangkat. Pasalnya, selama ini pasar diberondong dengan produk-produk impor, tak terkecuali hasi pertanian.

BACA JUGA :  Kue Apem Yang Legit

“Niat kami mengembangkan hasil pertanian sehingga menjadi makanan olahan. Harapannya, bisa membantu petani sehingga harga hasil pertanian bisa meningkat,” tuturnya.

Awal usaha, Aning hanya membuat stik dan keripik singkong yang dititipkan di warung-warung. Karena kegetolannya, usahanya pun berkembang pesat seperti sekarang ini. Bahkan, jatuh bangun dalam industri makanan ringan ini sering kali dia hadapi.

“Pernah ketika awal membuat kedelai goring, saat itu satu kilogram saya bagi empat. Tiga kali mencoba dijual gagal terus. Tak berhenti, Alhamdulillah yang ke empat penerimaannya baru bagus,’ ungkapnya.

Hasil usahanya dalam memilih bahan baku lokal pun kini sudah terlihat, mulai dari keciput, kacang telor, kerupuk bawang, kerupuk ikan, kedelai goreng, pastel abon, hingga aneka keripik dan makanan kecil lainnya diproduksi.

BACA JUGA :  WADUK GEMBONG NYARIS HABIS," Airnya "

“Kurang lebih ada 21 jenis makanan ringan yang semua bahan bakunya dari hasil pertanian disini,” tandasnya. (Wr)

KOMENTAR SEDULUR ISK :
/div>

Share This Post

86 Responses to "Usaha Makanan Ringan Warga Trangkil Rambah Pasar Jawa Timur"

Post Comment

*