USBN Tingkat SMA MA Digelar Serentak

oleh

Kudus, ISKNEWS.COM – Hari pertama ujian sekolah berstandart nasional (USBN) tingkat SMA/MA telah serentak dilaksanakan mulai Senin (4/3/2019) kemarin.

Meski serentak, namun mata pelajaran (Mapel) nya berbeda. Untuk SMA mapel pendidikan agama Islam (PAI), sedangkan MA mapel Bahasa Indonesia.

Kepala SMA PGRI 1 Kudus Bambang Sugiarto, mengatakan, Ada perbedaan pelaksanaan antara SMA dan MA, tahun ini pendidikan dibawah naungan Kementerian Agama (Kemenag) USBN mewajibkan menggunakan basis komputer, namun untuk SMA masih diberlakukan sesuai kemampuan sekolah, dan saat ini masih menggunakan paper atau tes tertulis.

TRENDING :  Dampak Peraturan Baru, Anggaran PUPR Dipangkas Rp 32 M

Memang, lama dan padat jadwalnya ada 12 mapel yang diujikan, untuk jumlah siswa sebanyak 45 peserta didik, dan menggunakan tiga ruang. Adapun Jadwal USBN dari Senin (4/3/2019) hingga Selasa (19/3/2019).

TRENDING :  Tega, Anshori Bunuh Ibunya Pakai Cangkul

Ia menjelaskan, untuk menggunakan komputer kami belum siap khusus untuk USBN, ada sesi sehingga butuh waktu panjang. “Berbeda dengan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) waktunya hanya singkat hanya tiga hari, dan kami keberatan sewa jenset,” tegasnya.

Terpisah, Kepala kantor Kemenag Kudus Noor Badi, hari pertama USBN mendapatkan tugas keliling ke beberapa SMA karena mapel PAI. Bersama dengan staf kemenag lainnya yang sudah dibagi tugasnya di 10 sekolah.
”Saya mendapatkan tugas ke SMA 1 Kudus, jumlah siswa sebanyak 357 peserta didik, untuk yang beragama Kristen sebanyak 13 siswa, Katholik sebanyak sembilan siswa, dan Islam sebanyak 335 siswa, dan pelaksanaan berjalan lancar,” tuturnya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :