UTS Sebagai Tolok Ukur Kemampuan Siswa

oleh

Kudus, isknews.com – Ujian Tengah Semester (UTS) yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kudus pada jenjang sekolah dasar (SD), pelaksanaannya berlangsung mulai kemarin (25/9/17) sampai sepekan mendatang. UTS dilaksanakan secara serentak di semua Sekolah Dasar yang ada di Kabupaten Kudus.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Disdikpora Kudus Suharto mengatakan, UTS dijadikan tolak ukur kemampuan hasil belajar siswa yang didapatkan dari belajar secara berkesinambungan.

TRENDING :  Lindungi Jajarannya, 1491 Pengawas TPS Kudus Disertakan BPJS Ketenagakerjaan

UTS menjadi salah satu evaluasi hasil belajar siswa. Evaluasi ini adalah pemberian penilaian terhadap kemam­puan siswa dalam menerima, memahami, dan menguasai mata pelajaran yang disajikan sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan, serta menilai per­ubahan sikap dan keterampilannya. “Dari UTS kita bisa mengetahui sejauh mana kemampuan anak dan dari hasil yang didapatkan kita jadikan sebagai bahan evaluasi,” jelasnya.

Dari isknews.com di salah satu sekolah yang tengah melaksanakan UTS yaitu SD 3 Jepangpakis, Kecamatan Jati. Sebanyak 136 siswa-siswi yang terdiri atas kelas I sampai kelas VI mengikuti ujian tengah semester tersebut. Ada dua mata pelajaran yang diujikan setiap harinya.

TRENDING :  Kemendikbud Sebut 52 Kabupaten Paling Jujur UN, Kabupaten Kudus tidak Masuk Dalam Daftar

Kepala SD 3 Jepang Pakis Endang Sri Mulyani mengatakan, UTS dilaksanakan berdasarkan tercapainya materi dari kompetensi dasar (KD) dan standar kompetensi (SK) dari tiap-tiap jenjang kelas. “Bila ada kelas yang belum menuntaskan materi sesuai KD dan SK yang berlaku karena waktu yang kurang mencukupi biasanya kita adakan jam tambahan,” ujarnya.

TRENDING :  SMK N 1 Gunem Miliki Bengkel Praktik Otomotif Baru

Disinggung masalah prestasi, SD 3 Jepang Pakis juga tidak mau kalah dengan SD lainnya. Lebih lanjut anak didiknya belum lama ini menjuarai lomba LCC yang mendapatkan juara 1 selain Kabupaten Kudus. Mereka ikut adalah semuanya kelas 6, yakni Samoda Azriel Pradana, Yasa Kafi Razzan, Diyah Ayu Kusumaningrum. Endang berharap, “Semoga dengan prestasi tersebut mereka lebih semangat belajar, dan lebih memacu teman-temannya untuk berprestasi. (AJ)

KOMENTAR SEDULUR ISK :