Versi Lain Dari Asal Usul Desa Kaliwungu

by
Desa Kaliwungu ISKNEWS.COM
Foto: Situs sendang kaliwungu di Desa Kaliwungu, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus, Senin (04-06-2018). (Nila Niswatul Chusna/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Kaliwungu merupakan nama sebuah desa di kabupaten Kudus. Desa yang terkenal dengan rumah Joglo Pencu Pumpang Songo dan gebyok Rogo Moyo ini, menyimpan sebuah kisah yang menarik.

Kaliwungu, secara harfiah berasal dari kata kali atau sungai dan wungu atau ungu. Dengan kata lain, Kaliwungu diartikan sebagai sebuah sungai yang berwarna ungu.

Jika menelisik lebih dalam mengenai asal usul Desa Kaliwungu, maka akan ditemukan dua versi cerita yang berbeda. Diungkapkan Sekertaris Desa Kaliwungu, Zunahah, bahwa asal usul Desa Kaliwungu yang paling populer di masyarakat Kudus adalah yang versi pertama.

TRENDING :  Akhirnya Jalan Akses Kutuk - Glagahwaru Di Bangun

“Asal usul desa Kaliwungu versi pertama berkaitan dengan pertarungan antara Sultan Hadirin dan Arya Penangsang. Konon, kedua tokoh tersebut pernah berselisih paham merebutkan tahta dan kekuasaan kerajaan Mataram,” ungkap Zunahah, Senin (04-06-2018).

TRENDING :  Sejumlah Warga Desa Getasrabi Gerudug DPRD Terkait Kegagalan Pilkades
Versi Lain Dari Asal Usul Desa Kaliwungu ISKNEWS.COM
Foto: Sendang Kaliwungu di Desa Kaliwungu, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus, Senin (04-06-2018). (Nila Niswatul Chusna/ISKNEWS.COM)

Dijelaskannya, jika pertarungan sengit tersebut terjadi di sekitar Menara Kudus. Pertarungan tersebut diakhiri dengan kekalahan Sultan Hadirin yang tertusuk oleh pedang dari Arya Penangsang, tepat dibagian perutnya. Setelah mengalami kekalahan, Sultan Hadirin melarikan diri ke arah Jepara, akan tetapi Arya Penangsang terus mengejarnya sampai di luar Kudus.

TRENDING :  Terapkan Pola 242 Untuk Hindari Dehidrasi Saat Berpuasa

KOMENTAR SEDULUR ISK :