Wakil Bupati Dan Para Budayawan Jepara Ziarahi Makam Sosrokartono

Wakil Bupati Dan Para Budayawan Jepara  Ziarahi Makam Sosrokartono

Kudus, isknews.com – Wakil Bupati Jepara Subroto bersama rombongan, siang tadi berziarah kemakam R.M.P. Sosrokartono atau Raden Mas Panji Sosrokartono, wakil bupati Jepara dan rombongan datang menggunakan bus Pemkab Jepara, rombongan mendatangi kompleks pemakaman Sedo Mukti Kaliputu Kudus, didampingi Kabag Humas Setda Kabupaten Jepara, Hadi Priyanto dan para budayawan serta para seniman dari Jepara, Minggu (31/7).

Menurut Wakil Bupati yang juga adik kandung Jaksa Agung HM. Prasetyo, kedatangannya mendatangi makam-makam para pahlawan ini merupakan kegiatan rutin bagi dirinya, sebelum ini dirinya sudah sering mendatangi makam-makam para pahlawan yang ada di Jawa Tengah umumnya dan pada  khususnya adalah para pahlawan yang terkait dengan Kabupaten Jepara.

BACA JUGA :  Tujuh Dugaan Pidana Pemilu Masuk ke Sentra Gakkumdu

Ditemui media ini, usai prosesi ziarah dan do’a di Makam  Sedo Mukti yang dikenal masyarakat Kudus sebagai makam para bangsawan ini, Subroto yang juga maju dalam kontestasi pilkada Jepara 2017 ini menjelaskan, “Saya memang rutin dan sudah beberapa kali ziarah ke makam tokoh-tokoh asal Jepara ini, apalagi para pahlawan ini meskipun beliau sudah tiada, namun buktinya masih bisa memberikan berkah bagi orang-orang atau warga hingga saat ini, coba lihat tadi pak Juru Kunci, tukang Sapu dan penjaga makam ini,” katanya.

Ditambahkannya, “RMP Sosrokartono merupakan kakak kandung R.A. Kartini, pahlawan emansipasi wanita Indonesia  adalah yang  banyak memberi inspirasi bagi Kartini untuk menjadi tokoh pejuang kesetaraan wanita yang dikenal hingga saat ini,” katanya.

BACA JUGA :  Nasib pencuri aspal di Balai Desa Kandangmas tertangkap tadi malam.

Kunjungan Subroto ke makam Sedo Mukti berlangsung kurang lebih satu jam, kemudian meninggalkan Kudus untuk berziarah ke makam tokoh-tokoh lain di Kabupaten Demak. (YM)

Share This Post