Walikota Pekalongan Serahkan Lahan Seluas 6,7 Ha Untuk Pembangunan MAN

Walikota Pekalongan Serahkan Lahan Seluas 6,7 Ha Untuk Pembangunan MAN

 

Pekalongan, isknews.com  – Walikota Pekalongan Basyir Ahmad menyerahkan lahan seluas 6,7 hektar untuk pembangunan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC), Rabu (17/06) lalu, kepada Kementerian Agama melalui Direktur Pendidikan Madrasah M. Nur Kholis Setiawan. Asset tanah yang dilimpahkan kepada Kementerian Agama itu berlokasi di Kelurahan Banyuurip Ageng Pekalongan Selatan, tempat di mana MAN IC Kota Pekalongan berdiri.

Pada kesempatan itu, M. Nur Kholis Setiawan mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Walikota Pekalongan, Basyir Ahmad atas peran sertanya dalam pendirian MAN IC di Kota Batik yang kehadirannya ditunggu oleh masyarakat luas.  Sebelum penyerahan asset, M. Nur Kholis Setiawan dan Basyir Ahmad beserta jajarannya meninjau kesiapan MAN IC tersebut, mulai dari gedung ruang belajar, asrama siswa dan guru, sarana peribadatan serta kelengkapan lainnya.

Menurutnya, pembangunan MAN IC di Kota Pekalongan yang pada Tahun Pelajaran 2015/2016 ini melakukan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) merupakan buah dari komitmen dan kerjasama sinergis antara Kementerian Agama RI dengan Pemerintah Daerah dalam meningkatkan kualitas pendidikan. “Meskipun masih dalam taraf penyempurnaan, saya optimis MAN IC Kota Pekalongan dapat menyusul MAN IC yang telah lama berdiri yaitu MAN IC Serpong Tangerang Selatan, Gorontalo dan MAN IC Jambi”, kata M. Nur Kholis.

TRENDING :  Hari Ini, Satu RTLH Peroleh Program Bedah Rumah

Sebagaimana diketahui Direktorat Pendidikan Madrasah, Ditjen Pendidikan Islam tengah menginisiasi berdirinya 20 MAN IC di beberapa wilayah Indonesia, untuk memberikan pendidikan yang berkualitas. Salah satu di antaranya adalah MAN IC Kota Pekalongan Provinsi Jawa Tengah, yang saat ini bersama 6 MAN IC lainnya telah menyelenggarakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada tahun 2015.

Pada tahun pelajaran 2015/2016, Kementerian Agama RI membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada 6 MAN IC, yaitu:  1) MAN IC Kota Pekalongan Jawa Tengah; 2) MAN IC Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan; 3) MAN IC Aceh Timur; 4) MAN IC Siak, Riau; 5) MAN IC Paser, Kalimantan Tiimur; dan 6) MAN IC Bangka Belitung, Bangka Belitung.

TRENDING :  Pura Group Bagikan 6000 Bingkisan Dan Santuni 1000 Anak Yatim

Sementara itu, Walikota Basyir Ahmad menjelaskan bahwa proses pembangunan MAN IC mulai dari tahap perencanaan hingga pelaksanaan berjalan lancar, karena seluruh proses pengadaan dan pembangunan sudah sesuai prosedur. “Meskipun belum sempurna, operasional kegiatan belajar mengajar pada tahun pertama ini akan berjalan secara optimal asalkan bisa memaksimalkan sarana dan prasarana yang ada”, tandas Basyir Ahmad.

Basyir Ahmad sangat berharap MAN IC di Kota Pekalongan ini nantinya akan dapat mencetak kader-kader penerus bangsa yang pinter dan bener. “Sekarang ini sudah terlalu banyak orang-orang pinter tapi keblinger”, ujarnya.

Untuk itu Basyir Ahmad, menyarankan agar MAN IC ditunjang dengan tenaga pengajar dan manajemen yang berkualitas serta standar pendidikan yang terbaik. “Mengingat tahun ini merupakan tahun pertama dimulai kegiatan pembelajaran, saya minta harus ada pendampingan oleh tenaga professional,” tegasnya.

TRENDING :  JQH STAIN DAN JQH PCINU MESIR ADAKAN PELATIHAN QIRO’AT SAB’AH, ASYROH TINGKAT NASIONAL di KUDUS

Permintaan Walikota Pekalongan ini langsung disambut baik oleh M. Nur Kholis Setiawan. “Kami telah merancang MAN IC sedemikian rupa termasuk rekrutmen Tenaga Pendidik dan Kependidikan yang profesional yang kualitasnya sama dengan MAN IC yang telah ada,” katanya meyakinkan.

Pada tahun pertama ini, MAN IC Kota Pekalongan akan menampung 96 siswa baru dalam 4 rombongan belajar yang direkrut dari anak-anak terbaik se-Indonesia. “Siswa baru setelah lolos seleksi, saat ini sedang regristasi dan melengkapi persyaratan yang harus dipenuhi,” jelas Kasi Kesiswaan Kanwil Kemenag Jawa Tengah, Akhmad Su’aidi. (RB/mkd/mkd)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post