Warga Dihimbau Antisipasi Demam Berdarah Dengue

oleh

Kudus, ISKNEWS.COM – Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus melalui Puskesmas membentuk gerakan Keluarga Juru Pemantau Jentik (Keluarga Jumantik). Gerakan tersebut bertujuan dalam rangka mengantisipasi dan mencegah penyakit demam berdarah dengue (DBD) yang menyerang setiap kali memasuki musim penghujan. Apalagi bila diselingi cuaca panas dan hujan, maka dipastikan akan merebak kasus DBD.

Seluruh puskesmas di Kudus gencar memberikan sosialisasi dengan mengajak puluhan warga untuk memburu jentik nyamuk yang ada di rumah dan lingkungan sekitar. Salah satunya dilakukan Puskesmas Wergu Wetan beberapa waktu lalu di aula Balai Desa Wergu Wetan kecamatan Kota, Kudus, Senin (17/12/2018).

TRENDING :  Dinas Kesehatan Kudus Gencar Sosialisasi Imunisasi MR

Salah seorang pengelola DBD Puskesmas Wergu Wetan, Sumiatun menyarankan kepada warga jika menemukan jentik nyamuk di rumah atau lingkungan sekitar maka untuk segera melakukan 3M yakni menutup, menguras dan mengubur. Ia menghimbau agar tempat penapungan air jangan sampai dibiarkan terbuka. Lalu menguras bak kamar mandi dan tandon air secara rutin.

TRENDING :  Djarum Foundation Bakti Sosial Untuk Negeri

Ketika menguras bak kamar mandi atau tandon air harus secara menyeluruh. Usahakan lantai dan dinding (bagian dalam) bak ikut disikat dan dibersihkan, karena dinding-dinding bak kamar mandi menjadi tempat potensial menempelnya telur-telur nyamuk. Setelah dikuras jangan lupa menaburkan larvasida atau abate pada bak penampungan air.

TRENDING :  Bahaya Mengintai Dibalik Warna Warni Penganan

Terakhir, kubur barang-barang bekas yang berpotensi menjadi tempat penampungan air hujan, seperti botol dan kaleng bekas. Jika langkah-langkah ini sudah dilakukan, maka potensi penyakit DBD di masyarakat dapat ditekan. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :