Warga Kudus Mau “Wadul” Ke Bupati, Unduh Aplikasi Ini

oleh

Kudus, isknews.com – Layanan terhadap masyarakat Kabupaten oleh Pemerintah Kabupaten sangat menjadi perhatian.Terlebih di era digital seperti saat ini, gebrakan Pemerintah Kabupaten Kudus yang dipimpin oleh DR. H. Musthofa ini sangat relevan. Yaitu dengan membuat aplikasi Menara.

Apa itu? Menara merupakan aplikasi berbasis android yang bisa diunduh secara gratis di google playstore.

Kepala Bidang Komunikasi pada Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kudus Satria Agus Himawan mengatakan,aplikasi tersebut sangat bermanfat bagi masyarakat. Terutama yang akan mengadukan perihal pelayanan publik atau memberi masukan.

TRENDING :  59 Peserta Duta Wisata Kudus Ikuti Ujian Tertulis

“Manfaat bagi masyarakat yaitu dapat memberikan masukan atau aduan terkait pelayananpemerintah yang sudah diberikan. Termasuk di dalamnya melaporkan hal-hal yang tidak semesetinya. Mulai infrastruktur layanan pemerintah, fasilitas umum, dan hal lainnya,” kata Hasan, Senin (18/12).

Sementara, tambahnya, bagi organisasi perangkat dinas (OPD) di lingkup Pemerintah Kabupaten Kudus aplikasi ini merupakan bagian dari penilaian kinerja dalam melakukan pelayanan terhadap publik.

TRENDING :  Budhis Rahtawu Sambut Hari Raya Maga Puja 2561 BE 2018

“Jadi, respon dan tanggapan OPD atas aduan atau usulan masyarakat menjadi salah satu komponen perhitungan kinerja OPD yang dapat berpengaruh pada TPP (tambahan penghasilan pegawai) yang diterima,” katanya.

Diketahui,aplikasi Menara pertama diluncurkan oleh DR. H Musthofa bertepatan pada Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-72 di Alun-alun Kudus.

Di dalam aplikasi Menara yang merupakan kepanjangan dari menjaga amanah rakyat itu terdapat beberapa menu. Di antaranya layanan publik, usulan warga, gawat darurat, dan informasi lain tentangKudus.

TRENDING :  Tingkatkan Kompetensi SDM, Disperindag Jateng Gelar Workshop Standart Kompetensi Kerja Mebel

Aplikasi yang sekaligus sebagai tolak ukur penilaian terhadap OPD itu akan terintegrasi dengan e-performance, yaituaplikasi ipengukuran kinerja yang berfungsi membantu proses pengumpulan dan pengukuran kerja di setiap OPD.

Dalam hal ini, jika terdapat keluhan dari masyarakat atas kinerja salah satu dinas tidak segera mendapat respon maka OPD tersebut akan mendapatkan penilaian buruk. (YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :