Warga Pemilik Lahan TPA Tanjungrejo Tagih Ganti Rugi

by

KUDUS, isknews.com – Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus, di bawah naungan Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (CitaKaru) Kabupaten Kudus, yang berlokasi di Desa Tanjungrejo, Kecamatan Jekulo, Kudus, ternyata sebagian dari tanah yang digunakan, statusya masih milik warga desa setempat.  Pemakaian tanah itu menimbulkan persoalan, karena pemiliknya, Abdul Malik, hingga kini belum menerima ganti rugi atau bayaran atas pembelian tanah tersebut, sejak sekitar 1996 hingga kini.

TRENDING :  Senyum Teritorial Dansatgas TMMD Reguler Ke-98 Kodim Kudus, Bersama Masyarakat

Kepala Desa Tanjungrejo, Yuli Lukmonowati, melalui Kaur Keuangan, Margono, yang dihubungi isknews.com, Senin (11/7), membenarkan hal itu. Menurut dia, tanah yang diguakan oleh TPA milik Pemkab itu memang semuanya asalmulanya adalah milik Warga Desa Tanjungrejo. Dari luas tanah sekitar 2 hektar itu, hanya tinggal sekitar 1400 meter persegi yang belum dibayar oleh dinas terkait. “Menurutketerangan Abdul Malik selaku pemiliknya, tanah tersebut sudah digunakan untuk perluasan TPA.”

Pihak Dinas Ciptakaru, ungkapnya lanjut, sudah menguasai tanah milik Abdul Malik itu, sejak 2002-2003, atau selama 10 tahun lebih. Selama itu pula, Abdul Malik berusaha mengurus agar ada penyelesaian mengenai ganti rugi tanahnya kepada dinas yang bersangkutan, namun hingga kini belum membuahkan hasil seperti yang diharapkan.

KOMENTAR SEDULUR ISK :