Warga Sumberejo Sweeping Dua Penggilingan Batu

by
ISKNEWS.COM
Foto: Warga Sumberejo, Kecamatan Gunungwungkal memblokir pintu masuk perusahaan milik CV Citra Batu, beberapa waktu lalu. (ivan nugraha/ISKNEWS.COM)

Diungkapkan, pada Jumat (11-05-2018) lalu sudah dilakukan mediasi antara warga dengan pengusaha di balaidesa. Mereka sepakat untuk menghentikan aktivitas pembangunan penggilingan batu tersebut. Akan tetapi warga merasa dipermainkan, pasalnya pada Senin (14-05-2018) aktivitas pembangunan penggilingan batu kembali dilanjutkan.

“Makanya warga geram dan memblokir pintu masuk tempat ini. Intinya kami menolak, tidak ada lagi penggilingan batu yang baru di desa kami,” tegas perempuan berkerudung ini.

Usai memblokir penggilingan batu milik CV Citra Batu, selanjutnya warga mendatangi perusahaan penggilingan milik CV HGMS. Mereka merasa dibohongi oleh pemilik CV HGMS lantaran di tempat tersebut kini diberi mesin penggiling batu.

TRENDING :  Kodim 0718 Pati Periksa Kelengkapan Kendaraan Dinas

“Kesepakatan awal hanya menggunakan pemecah secara manual, tapi kenyataannya berbeda. Itupun tidak ada pemberitahuan ke warga,” keluh Sutarlan, warga lain yang turut melakukan aksi.

Sutarlan juga mengungkapkan. akibat penambahan kapasitas produksi dengan menggunakan mesin kini polusi udara di desanya semakin meningkat. Debu dari hasil penggilingan akan membahayakan tanaman di sekitarnya.

TRENDING :  Pelaku Penodongan Dibawah Umur Polisi Akan Libatkan Bapas

“Contoh nyata, tanaman durian yang berada di samping perusahaan dulunya bisa menghasilkan puluhan juta tiap kali panen, kini tak bisa berbuah normal,” ungkapnya.

KOMENTAR SEDULUR ISK :