Warga Tionghoa Pati Rayakan Ulang Tahun Dewi Kwan Im

oleh
Warga Tionghoa Pati Rayakan Ulang Tahun Dewi Kwam Lem
Foto: Salah satu orang keturunan Tionghoa melakukan sembahyang saat Perayaan Ulang Tahun Dewi Kwam Lem. (Istimewa)

Pati, ISKNEWS.COM – Masyarakat Tionghoa yang berdomisili di wilayah Kabupaten Pati menggelar perayaan ulang tahun Dewi Kwan Im di Klenteng Tjoe Tik Bio Desa Kauman Kecamatan Juwana, Pati, Senin (30-7-2018).

Perayaan ulang tahun Dewi Kwan Im diperingati tiap tanggal 19 bulan kesembilan dalam penanggalan imlek dilakukan untuk menguatkan keyakinan bahwa Dewi Kwam Lem merupakan sosok Dewi yang dikenal penuh welas asih.

Perihal tersebut disampaikan juru kunci Klenteng Tjoe Tik Bio Hartono saat ditemui isknews.com disela-sela perayaan ulang tahun sebelum melakukan ritual (sembahyang).

TRENDING :  Makna Ramandhan Ala Anak Penyandang Disabilitas Pati

Hartono pria asal Welahan, Jepara ini juga menceritakan sedikit sejarah terkait berdirinya Klenteng Tjoe Tik Bio, menurutnya, orang-orang Tionghoa pada saat itu terjadi kerusuhan atau perang saudara. Kemudian sebagian dari mereka menyelematkan diri dengan menggunakan perahu, menyusuri sepanjang pantai utara dan sebagian ada yang masuk sungai silugonggo atau kali juwana.

TRENDING :  Penghijauan Doropayung Bentuk Sinergitas TNI/Polri dan Masyarakat

“Setelah melakukan pelayaran ada sebagian yang masuk di Sungai Juwana ini, orang-orang Tionghua tersebut kemudian bermukim dan mulai menyambung hidupnya dengan berdagang,”ceritanya.

Dia juga menjelaskan, setelah dinilai aman dan usahanya semakin maju, orang-orang tionghoa tersebut mendirikan Klenteng, salah satunya adalah Klenteng Tjoe Tik Bio.

“Dulu mereka datang kesini sebagai pelarian, setelah dirasa aman kemudian mereka berdagang dan maju, kemudian mereka mendirikan beberapa klenteng yaitu Klenteng Tjong Hok Bio, Hok King Bio dan yang disini ini Klenteng Tjoe Tik Bio dibangun yang terakhirnya,”jelasnya.

TRENDING :  Tonton "Nirmala Ala MA Banat NU Kudus" di YouTube

Lanjut Hartono, dalam perayaan ulang tahun kali ini, dirayakan secara sederhana yaitu melakukan upacara sembahyang dimulai jam 20.00 Wib yang dipimpim oleh sesepuh agama.

“Nanti jam 10 malam dilakukan ritual yaitu sembahyang dimulai dari pemuka agama, kemudian diikuti oleh orang-orang tionghoa yang lain,”pungkasnya. (WR/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :