Waspada, Benjolan di Payudara Indikasi Kanker

by
Waspada, Benjolan di Payudara Indikasi Kanker ISKNEWS.COM
Foto: Istimewa.

Kudus, ISKNEWS.COM – Banyak wanita yang bertanya, memiliki benjolan di payudara berbahayakah? Apakah benjolan tersebut merupakan indikasi dari penyakit kanker payudara?

Meningat, penyakit kanker payudara merupakan penyakit yang paling ditakuti oleh kaum hawa. Pasalnya, angka kejadian penyakit (Prevalensi -Red) kanker payudara pada wanita lebih tinggi dibandingkan pada laki-laki.

Berita baiknya, pengobatan kanker payudara pada pengobatan kanker payudara dengan operasi, kemoterapi dan radioterapi memiliki angka keberhasilan yang tinggi yakni mencapai 85% pada pasien Stadium I. Sedangkan pada pasien Stadium IV, angka keberhasilan pengobatan hanya mencapai 15%.

TRENDING :  85 Stand UMKM Semarakkan Ekspo Koperasi UMKM Pati 2018

Untuk itu, perlu adanya upaya pencegahan terhadap penyakit satu ini. Caranya dengan melakukan potensi kanker payudara sedini mungkin dengan SADARI atau Periksa Payudara Sendiri.

“Langkahnya dengan mengenali benjolan-benjolan yang ada di sekitar payudara yang harus dilakukan secara rutin. Waspada jika menemukan benjolan dipayudara dengan ukuran kecil, tidak nyeri dan tidak disertai keluhan,” tegasnya dr Yuliana Wara R, pada Rabu (11-07-2018).

TRENDING :  Kebakaran Hanguskan Rumah di Demangan Kudus, Korban Butuh Uluran Tangan Dermawan

Lanjutnya, “Tingkat kewaspadaan semakin ditingkatkan bila menemukan benjolan yang teraba keras atau lebih keras dari daerah sektarnya, tidak bergeser saat ditekan, disertai perubahan bentuk atau ukuran payudara, puting tertarik ke dalam saat mengeluarkan cairan disertai darah, terdapat bintik merah di sekitar puting seperti eksim, atau disertai penebalan kulit payudara.”

TRENDING :  Keunikan Tradisi Perkawinan Sedulur Sikep Sedot Perhatian Peneliti

KOMENTAR SEDULUR ISK :