Waspada Stroke Usia Muda, Ini Sebabnya

by
Waspada Stroke Usia Muda, Ini Sebabnya ISKNEWS.COM
Foto: Pengenalan gejela stroke dengan slogan SeGeRa Ke RS oleh Kementrian kesehatan RI, Rabu (13-06-2018). (Istimewa/ISKNEWS.COM).

Kudus, ISKNEWS.COM – Penyakit stroke dapat menyerang siapapun, bahkan pada anak usia muda sekalipun. Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Neurology menunjukkan bahwa angka kasus stroke pada usia 20-59 tahun meningkat hingga 19 persen. Bahkan data statistik di Amerika menunjukkan 7 hingga 15 orang dari 100.000 penduduk usia muda beresiko terkena penyakit stroke.

TRENDING :  Sambangi Pasar Kliwon, Tamzil Janji Kembalikan HGB

Menurut dokter spesialis Neurologist RS Mardi Rahayu Kudus, Dr. Noviandi Herlambang, SpS, MSiMed, usia bukanlah faktor penyebab dari penyakit stroke. Makin tua seseorang memang semakin rentan mengalami stroke. Namun, bukan berarti usia muda tidak beresiko terkena stroke.

“Penyakit stroke pada usia muda lebih disebabkan oleh faktor pola hidup yang tidak sehat. Seperti pola makan tinggi lemak, obesitas, kebiasaan merokok, konsumsi alkohol berlebihan dan strees tinggi,” kata Dr. Noviandi, Rabu (13-06-2018).

TRENDING :  Papan Larangan Buang Sampah "Kontroversial" di Gribig Akan Diganti

Dari kebiasaan buruk ini, lanjutnya, dapat memicu penyakit hipertensi, diabetes dan obesitas pada usia muda. Penyakit inilah yang kemudian meningkatkan resiko terjadinya penyakit stroke di usia muda.

TRENDING :  Celoteh Inspiratif Anak Yatim Indonesia

KOMENTAR SEDULUR ISK :