Waspada Terhadap Hati dan Daging Sapi yang Mengandung Cacing Pita

by
isknews
Foto: Hati sapi yang dijual di pasar. (Istimewa/ISKNEWS.COM).

Kudus, ISKNEWS.COM – Mendekati hari raya idul fitri, masyarakat diharapkan lebih waspada saat membeli daging dan hati yang di pasaran. Pasalnya, beredar informasi ditemukannya banyak cacing pita pada hati sapi dan kerbau.

Himbauan ini disampaikan oleh Kepala UPT Rumah Pemotongan Hewan (RPH) dan Puskeswan Gebog, Sudibyo, sebagai upaya untuk menjaga kualitas bahan pangan yang dikonsumsi oleh masyarakat saat ramadan dan hari raya idul fitri.

“Cacing hati pada dasarnya adalah sejenis cacing pipih yang hidup di dalam hati dan empedu hewan mamalia herbivora, termasuk sapi, kambing dan kerbau,” katanya pada isknews.com Senin (28-05-2018).

TRENDING :  47 SMP Negeri dan Swasta di Kudus Siap Tampung Ribuan Lulusan SD

Cacing hati ini, masuk ke dalam tubuh kerbau atau sapi melalui pakan ternak. Dedaunan yang menjadi sumber pakan ternak, rentan terkontaminasi telur maupun larva cacing pita. Terutama dedaunan yang tumbuh di tempat yang berair dan kotor.

TRENDING :  Kembali DBD Renggut Nyawa Bocah Di Kudus, Dua Bocah Meninggal Di Bulan April Ini

“Larva ini akan masuk ke tubuh sapi, melalui dedaunan. Setelah itu, larva akan menginfeksi dan hidup di dalam hati sapi,” ujar Sudibyo

KOMENTAR SEDULUR ISK :