Waspadai Penipuan Berkedok Yayasan Kesbangpol Edarkan Surat Imbauan

oleh

Kudus, isknews.com – Maraknya penipuan berkedok yayasan atau lembaga sejenis, disikapi oleh Kantor Kesatuan Bangsa Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kudus. Dalam upaya mencegah sedini mungkin jatuhnya korban, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tersebut, telah membuat surat edaran melalui para camat, isinya berupa imbauan kepada warga masyarakat agar mewaspadai penipuan dengan berbagai modus.

Kepala Kesbangpol Kabupaten Kudus, Jati Soelechah, yang dihubungi isknews.com, Kamis (16/03), di ruang kerjanya, membenarkan hal itu. Menurut dia, berdasarkan informasi yang beredar di tengah masyarakat, sekarang sedang maraknya terjadi penipuan oleh lembaga yang berkedok yayasan, koperasi dan lembaga sejenis lainnya. “Diantaranya yang kini sedang ramai dibicarakan, adalah sebuah yayasan yang baru saja hadir di Kudus sedang giat membentuk pengurus dan merekrut anggota, sampai ke tingkat RT/RW.”

Dia menuturkan, dua orang yang mengaku pengurus yayasan tersebut, telah datang ke Kantor Kesbangpol, mengajukan permohonan akte atau surat keputusan (SK) pendirian yayasan Cabang Kabupaten Kudus. Namun pihaknya tidak bisa memenuhi permohonan tersebut. “Karena berdasarkan pengalaman, sebagian besar yayasan yang mengajukan SK , legalitasnya tidak jelas dan belum memiliki AD/ART.”

Terkait dengan surat edaran kepada camat, intinya agar melalui surat tersebut, camat sebagai kepala wilayah, meneruskan surat imbauan itu kepada para kepala desa di wilayah kerjanya. Selanjutnya kepala desa pun diminta menyampaikan kepada warganya, sehingga diharapkan warga masyarakat tidak mudah tertipu dan menjadi korban. “Sampai sekarang, Kesbangpol maupun lembaga aparat hukum di Kudus, belum menerima laporan adanya korban. Kalau belum ada korban, kami belum bisa mengambil tindakan,” tegas Kepala Kesbangpol Kabupaten Kudus itu. (DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :
TRENDING :  Rundown Kegiatan Musyawarah Wilayah Muhammadiyah & Aisyiyah JawaTengah ke 47 Di Kabupaten Kudus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*