Wouw! Kudus Peroleh Insentif Daerah Rp 26 M

Wouw! Kudus Peroleh Insentif Daerah Rp 26 M

Kudus, isknews.com – Kabupaten Kudus, pada Tahun Anggaran (TA) 2017 ini, memperoleh Dana Insentif Daerah (DID) yang jumlahnya cukup besar, mencapai sebesar Rp 26,250 miliar. Dana bantuan pemerintah pusat melalui kementrian keuangan RI itu, diberikan karena atas keberhasilan Kabupaten Kudus dalam beberapa hal, antara lain penyusunan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) yang tepat waktu.

Kepala Badan Pengelolaan Pajak Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Kudus, Eko Jumartono, melalui Sekretaris Dinas (Sekdin), Rofi’atun, yang dihubungi isknews.com, Rabu (29/11/17), di ruang kerjanya, membenarkan hal itu. Menurut dia, DID dari kementrian Keuangan RI itu, merupakan reward bagi kabupaten atas keberhasilannya dalam beberapa hal. Untuk Kabupaten Kudus, beberapa hal yang dinilai berhasil, selain penyusunan APBD TA 2017 yang tepat waktu, juga predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).”

Mengenai penggunaan, lanjutnya, DID itu akan menyatu dengan anggaran pendapatan daerah APBD Kabupaten Kudus, sebagai bagian pendapatan lain-lain pendapatan daerah yang sah. Karena menyatu dalam APBD, DID itu bisa digunakan untuk apa saja, tidak seperti bantuan lain yang ada juknisnya, misalnya dana bagi hasil tembakau.”

Dibandingkan tahun sebelumnya, DID yang diterima Kabupaten Kudus TA 2017 ini mengalami peningkatan lebih dari 300 persen. Pada 2016 lalu, DID yang diterima Kabupaten Kudus, hanya sekitar Rp 7,5 milyar, sehingga meningkat sebesar Rp 18,750 miliar. “Ke depan, jika Kabupaten Kudus bisa mengulang keberhasilan pada TA 2017 ini, bukan tidak mungkin akan memperoleh DID lagi,” ucap Sekdin BPPKAD Kabupaten Kudus itu. (DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :
TRENDING :  OJK Dekatkan Perusahaan Pembiayaan IKNB dengan UMKM

Share This Post