Wujud Toleransi Umat Beragama, Forkopimda Pati Hadiri Perayaan Natal

oleh

Pati, isknews (Lintas Pati) – Wujud toleransi antar umat beragama di Bumi Mina Tani, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Pati turut menghadiri perayaan Natal yang dihelat Badan Kerjasama Kristen Katholik Kabupaten Pati (BKKKP) di Pendapa Kabupaten Pati, Jumat (12/01/2018) sore.

“Kami mengucapkan selamat Natal bagi seluruh masyarakat yang merayakannya. Meski kita berbeda-beda suku dan agama, tapi tetap menjaga toleransi,” ungkap Bupati Pati, Haryanto dalam perayaan Natal bertajuk ‘Hendaklah Damai Sejahtera Kristus Memerintah Dalam Hatimu’.

Dengan tema itu, Bupati mengingatkan, agar umat bisa mengimplementasikannya mulai dari diri pribadi hingga skala yang lebih besar yakni keluarga dan masyarakat.

TRENDING :  Pembagian Nasi Bungkus Haul Sunan Muria Disambut Antusias Warga

Selain itu, dengan semangat ‘Guyub Rukun Noto Projo Mbangun Deso’ antara pemerintah dan masyarakat bisa bersama-sama menciptakan suasana damai dan sejahtera di seluruh Bumi Mina Tani.

Di Kabupaten Pati sendiri, lanjutnya, tidak ada satir pembeda dalam menyelenggarakan perayaan giat Agama. Semua umat bebas menjalankan ibadah dan kepercayaan masing-masing sesuai kepercayaan yang diyakininya.

“Kerjasama Kristen Katholik seluruh Gereja akan menimbulkan rasa toleransi tersendiri, yang telah dibina oleh Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Pati sangat sejuk damai suasananya,” jelasnya.

TRENDING :  Gubernur Jateng Ambil Alih Pelantikan Pejabat Dilingkup Pemkab Pati

Sementara itu, Ketua BKKKP Pati, Yohanes R Adi Prasasto melalui Gereja Katholik Pati, Basuki mengungkapkan apresiasinya kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati, yang telah memfasilitasi terselenggaranya perayaan tersebut.

“Terimakasih kepada Bupati Pati atas telah diberikan ijin tempat dan fasilitas dalam mengadakan perayaan Natal bersama ini. Tanpa persetujuannya acara di pendapa ini tidak akan terlaksana dengan lancar,” tuturnya.

Imbuhnya, menjaga ketentraman dan toleransi sesama umat beragama khususnya di Kabupaten Pati adalah penting adanya. Dengan begitu, baik pemerintah maupun masyarakat bisa melaksanakan tugas sehari-hari tanpa hambatan dan tenang.

TRENDING :  Belum Selesai Patung Bandeng Raksasa Mulai Tuai Kritikan

Diketahui, turut hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Pati Haryanto, Wabup Pati Saiful Arifin, DPRD Pati, Ketua Pondok Pesantren Raudlatul Falah Bermi Kyai Heppy, Gusdurian Pati Edy Siswanto, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Pati Achmad choiron, Kemenag Pati dan Forkopimda Pati. Sedikitnya, 4 ribu orang hadir dalam kegiatan keagamaan tersebut. (Wr)

KOMENTAR SEDULUR ISK :