Wujudkan Budaya Literasi Sejak Dini, Ratusan Siswa SD di Kudus Ikuti Lomba Menulis Surat

oleh
Kapolres Kudus AKBP Agusman Gurning saat menyambangi peserta lomba menulis surat untuk polisi. (Aris Sofiyanto)

Kudus, ISKNEWS.COM – Ratusan anak tingkat sekolah dasar (SD) sederajat di Kabupaten Kudus berbondong-bondong mengikuti lomba menulis surat untuk polisi di ruang Tunggal Panaluan, Mapolres Kudus, Minggu (12/8/2018).

Pantauan isknews.com di lokasi, Antusias mereka sangat tinggi, terbukti 2 jam sebelum acara dimulai, peserta yang diantar guru pembimbing atau orang tua masing-masing sudah standby di meja registrasi untuk daftar ulang.

Kapolres Kudus AKBP Agusman Gurning saat menyambangi peserta lomba menulis surat untuk polisi. (Aris Sofiyanto)

Dalam bentuk tulisan berbentuk surat, para siswa terlihat asyik dan sangat menikmati lomba yang digelar Polres Kudus bekerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kudus. Selain itu, juga sekaligus dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke -72 dan HUT ke-73 Republik Indonesia.

TRENDING :  Perusahaan Wajib Berikan THR Kepada Pekerja

Kapolres Kudus AKBP Agusman Gurning dalam sambutannya, berharap dalam lomba ini, siswa bebas menuangkan idenya ke dalam surat. Apalagi, selain melatih siswa gemar menulis, juga bisa melatih kerja otak supaya seimbang. “Ini sarana menstimulasi otak siswa supaya bekerja dan menciptakan ide-ide baru yang cemerlang,” jelasnya.

TRENDING :  Penerapan Kurtilas Dimanfaatkan untuk Kuatkan Budaya Jawa

Salah satu tujuan diadakannya lomba menulis surat ke polisi supaya lebih mendekatkan polisi kepada anak-anak. “Supaya polisi sahabat anak bukan hanya slogan semata, melainkan wujud nyata era zaman now yang menjadikan anak tidak takut dengan sosok polisi,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua PWI Kudus Saiful Annas mengatakan, kegiatan ini sebagai wujud menumbuhkan budaya literasi, terutama di kalangan generasi anak-anak. “Dengan mengajak anak-anak menulis surat supaya terbiasa menuangkan harapan, ide atau gagasan,” jelasnya.

TRENDING :  Melalui Tourism Ambassador Class, IMMR Sosialisasikan Cinta Wisata Daerah

Annas pun mengapresiasi antusiasme para pelajar yang mengikuti lomba menulis surat ini. Menurutnya, antusiasme dan perhatian warga cukup besar terhadap lomba yang telah dilakukan untuk masyarakat.

“Tentu ini menjadi semangat bagi kita (PWI) untuk terus memperbaiki diri, menyempurnakan serta memberikan yang terbaik kepada seluruh masyarakat Kudus. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :