Wujudkan Indonesia Bebas Sampah 2020 PKPLH Kudus Gerakan Pungut Sampah Masal

oleh
Gerakan pungut sampah dan pembersihan lingkungan di Pasar Kliwon Kudus. (Istimewa)

Kudus, ISKNEWS.COM – Guna mensukseskan progam Indonesia Bebas Sampah tahun 2020, Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (PKPLH) Kudus bersama Koramil 01/Kota, Koramil 05/Mejobo, Koramil 06/Bae dan Instansi Pemerintah melakukan gerakan punggut sampah masal di sejumlah daerah pada Jumat (10-08-2018) pagi.

Syafrudin, Kasi Pembinaan Lingkungan Hidup Pemkab Kudus mengatakan gerakan pungut sampah yang dilakukan secara serentak di beberapa pasar itu menjadi salah satu upaya penyadaran masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan di lingkungan sekitarnya. Baik lingkungan tempat tinggal hingga lingkungan kerja.

TRENDING :  Plt. Bupati Pati pimpin gelar Apel Gabungan
Gerakan pembersihan sungai kaliputu oleh, Dinas PKPLH, TNI dan Pemkab Kudus. (Istimewa)

 

Kegiatan yang diikuti oleh ratusan orang ini melibatkan anggota Koramil 01/Kota, Polsek Kota, Dinas PWSDA, Muspika Mejobo dan Paguyuban Pedagang Pasar ini merupakan kegiatan rutin dari Dinas PKPLH dalam rangka meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap sampah.

TRENDING :  PKPLH Kudus : Pengusaha Air Muria Harus Kantongi Kajian AMDAL

Adapun lokasi kerja bakti pemungutan sampah masal ini dilakukan di Pasar Jember, Pasar Kliwon, Sungai Kaliputu dan Lapangan Ngandhogan Mejobo. Kawasan yang menjadi lokasi padat aktivitas di Kudus tersebut diharapkan dapat selalu terjaga kebersihannya.

“Jika lingkungan bersih, maka kesehatan masyarakat di sekitarnya juga terjaga. Apalagi ini mau menyambut HUT Kemerdekaan RI ke 73. Marilah kita jaga kebersihan lingkungan yang ada di sekitar kita. Karena bebas dari sampah menjadi salah satu bentuk kemerdekaan,” katanya.

TRENDING :  Edukasi Literasi Media Jadi Langkah Ampuh Tangkal Berita Hoax

Dalam gerakan pungut sampah tersebut menyasar saluran air dan halaman pasar dari keberadaan sampah organik maupun non organik. Sampah-sampah yang terkumpul, di masukkan kedalam dump truk yang disediakan Dinas PKPLH Kudus, untuk dibuang ke TPA Tanjungrejo.(NNC/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :