​Korps Wanita Angkatan Darat (KOWAD) Kodim Kudus, Berjibaku Ikut Cor Jalan Di TMMD

oleh -5,512 kali dibaca


Kudus,isknews.com – TNI Korps Wanita Angkatan Darat atau di singkat (Kowad), merupakan bagian dari rakyat Indonesia yang ikut bertanggung jawab dalam pencapaian keberhasilan Pembangunan Nasional guna mewujudkan Tujuan Nasional. Pembentukan Korps Wanita Angkatan Darat diilhami oleh hasil perjuangan para Pahlawan Wanita Indonesia yang ikut serta menegakkan kemerdekaan Indonesia dan usaha para pendahulu untuk meraih kemajuan bagi kaum wanita.
Untuk itu pada tahun 1959 Asisten 3 personel Kasad Kolonel Dr. Sumarno menyampaikan gagasannya tentang penggunaan tenaga militer wanita untuk bidang-bidang penugasan tertentu yang membutuhkan ketelitian, ketekunan, kesabaran, dan sifat-sifat keibuan yang menjadi kodrat wanita untuk lebih mencapai afiliasi organisasi. Meskipun Kowad disyahkan pada tanggal 21 Desember 1960, namun Hari Kowad ditetapkan tanggal 22 Desember. Penetapan ini dimaksudkan karena pada tanggal 22 Desember 1938 dilangsungkan Kongres Wanita Pertama yang dikenal Hari Ibu, karena Hari Ibu adalah kehormatan bagi ibu Indonesia sebagai ibu keluarga, ibu masyarakat dan ibu bangsa, maka lahirnya Kowad diharapkan sebagai kebanggaan kaum ibu.
TMMD Reguler Ke-98 Kodim 0722/Kudus yang dilaksanakan di Desa Kandangmas Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus, tak lepas dari peranan Kartini Angkatan Darat (KOWAD) dari Kodim Kudus, tanpa canggung anggota Kowad ikut berbaur bersama Satgas TMMD Reguler Ke-98 Kodim Kudus serta masyarakat Desa Kandangmas, lakukan pengecoran jalan sepanjang 800 meter yang merupakan program sasaran fisik TMMD Reguler Ke-98 TA. 2017 di wilayah Kodim Kudus.
“Menjelang hari Kartini, saya selaku wanita dan anggota Kowad Kodim Kudus, merasa terpanggil untuk ikut bergabung bersama rekan-rekan Satgas TMMD Kodim Kudus melaksanakan pengecoran jalan di lokasi TMMD,” ungkap Pelda (K) Umi.
Oleh karena itu Pelda (K) Umi dan beberapa rekannya Kowad dari Kodim Kudus menyakini bahwa dalam program TMMD keberhasilan pembangunan desa berarti meningkatkan pemerataan tingkat kesejahteraan yang hasilnya akan menuju kepada terciptanya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Selain itu untuk lebih mempererat kemanunggalan TNI dengan rakyat, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, meningkatkan dan memantapkan kesadaran masyarakat berbangsa dan bernegara.
Pada kesempatan tersebut, Kasdim 0722/Kudus Mayor Infantri Sagimin, yang didampingi oleh Pasiter Kapten Inf Heru Cahyono, Danramil 07/Dawe Kapt Inf Subekhi, serta Dansatgas Pendim Kodim Kudus Kapt Inf Ibnu Latifurrahman memberikan apresiasi kepada jajaran Kowad Kodim Kudus yang punya inisiatif ikut berperan nyata dalam pelaksanaan TMMD Reguler Ke-98 di Desa Kandangmas.
“Luar biasa, Kowad kita sangat energik dan patut di acungi jempol, mereka ikut bekerja cor jalan di program sasaran fisik bersama satgas TMMD Reguler Ke-98 dan warga masyarakat Desa Kandangmas. Kartini Kodim Kudus terpanggil dalam laksanakan tugas TMMD.” Kata Kasdim Kudus, Mayor Inf Sagimin.

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.