11 Mahasiswa KKN-IK Ikuti Pelaksanaan Pembukaan Di Kelurahan Kajeksan

oleh -681 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Kuliah Kerja Nyata Ter-Itegrasi Kompetensi (KKN-IK) merupakan mata kuliah wajib yang harus diikuti oleh seluruh mahasiswa semester 7 dari IAIN Kudus, sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat. KKN-IK 2021 ini diadakan di 4 kabupaten diantaranya Pati, Jepara, Demak, dan Kudus. Salah satunya berada di Kelurahan Kajeksan Kecamatan Kota Kabupaten Kudus. Meskipun dimasa pandemi Covid-19 dan berada pada kondisi PPKM Level 2, tidak menyurutkan semangat para mahasiswa untuk melaksanakan KKN-IK 2021.

Sebanyak 11 mahasiswa peserta KKN-IK yang ditempatkan di desa Kajeksan melaksanakan pembukaan pada hari Selasa pagi (07/08). Acara pembukaan ini dihadiri oleh Lurah desa Kajeksan serta didampingi langsung oleh Dosen Pembimbing Lapangan Primi Rohimi S.Sos., M.S.I.

Pembukaan KKN-IK yang berlokasi di Kelurahan Kajeksan dimulai pada pukul 09.30 dan berakhir pada 10.15 WIB. Rangkaian acara diisi dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an, sambutan serta penyerahan mahasiswa peserta KKN-IK 2021 dari Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) kepada kepala Desa. Pelaksanakan pembukaan sangat memperhatikan protokol kesehatan dengan menerapkan 5 M, yaitu dengan memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas sebagai usaha memutus mata rantai Covid-19.

Dalam pelaksanaan Pembukaan ini, Rusichan selaku lurah desa Kajeksan berharap mahasiswa dapat ikut serta dalam kegiatan masyarakat seperti sholat berjamaah.

“Kami harapkan mahasiswa bisa berbaur dengan masyarakat Kajeksan. Karena di Kelurahan Kajeksan ini mayoritas Muslim maka mahasiswa jika ingin melakukan observasi harus mempunyai unggah ungguh yang islami”

Dalam sambutannya, Primi Rohimi selaku Dosen Pembimbing Lapangan memperkenalkan latar belakang mahasiswa yang mengikuti KKN-IK 2021 berasal dari 6 wilayah asal yang berbeda yaitu, Kudus, Demak, Rembang, Blora, Bojonegoro, dan Palembang.

Aris Saiful Mizan, selaku ketua kelompok KKN-IK desa Kajeksan meminta bimbingan dan kerjasama dari kepala desa selama pelaksanaan KKN-IK. (timkknikkajeksan/primi/CH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :