11 Warga Tingkat RT di Pedawang Terpapar, Ganjar: Lockdown Bisa di Tingkat RT Dulu

oleh -1.804 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Gubernur Jawa Tengah Ganjar beserta Hartopo meninjau salah satu desa dengan penderita Covid-19 terbanyak di Kudus, yakni Desa Pedawang. Diketahui, salah satu RT di Pedawang ada 11 warga yang terpapar virus covid-19.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengusulkan lockdown skala kecil yang dapat dilakukan di tingkat RT terlebih dahulu. Pihaknya meminta kepala desa memaksimalkan Jogo Tonggo.

“Kalau memang mau lockdwon zonasi, monggo di tingkat RT terlebih dahulu. Jadi tidak banyak masyarakat yang lalu lalang kecuali penduduk setempat,” jelasnya.

Kepala Desa Pedawang Sofian menyebut jika peningkatan kasus di wilayahnya itu terjadi usai Lebaran. Pihaknya menduga, banyak warga yang tetap menggelar acara keramaian meskipun sudah diingatkan. “Akibatnya banyak yang tertular. Di sini satu RT ada tiga keluarga, sebanyak 11 orang, salah satunya meninggal dunia,” katanya.

Pihaknya sudah melakukan pengetatan di RT tersebut. Meski begitu, pihaknya juga akan mempertimbangkan usulan Ganjar untuk melakukan lockdown RT.

Sementara Bupati Kudus Hartopo menyampaikan akan menindaklanjuti arahan Ganjar terkait peninjauan SOP tempat isolasi mandiri. Temuan tersebut akan menjadi acuan agar tempat isolasi mandiri lebih steril. Hartopo juga menganjurkan perangkat desa Pedawang agar membawa pasien yang isolasi mandiri di rumah ke tempat isolasi terpusat rusunawa Bakalankrapyak. Sehingga, pihak desa lebih mudah dalam pengawasan.

“Isolasi mandiri di rumah memang kami ijinkan untuk yang mempunyai kamar terpisah. Kalau tidak, dibawa saja ke tempat isolasi terpusat. Sehingga penanganan lebih optimal dan tidak ada potensi penularan kepada anggota keluarga lain,” tuturnya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :