17 Pemuda Kudus Ikut Seleksi Calon Peserta Kapal Pemuda Nusantara 2019

oleh

Kudus, ISKNEWS.COM – Seleksi Calon Peserta Kapal Pemuda Nusantara (KPN) Sail Nias di Kepulauan Nias, Provinsi Sumatera Utara 2019 tingkat Kabupaten Kudus telah diselenggarakan di Gedung Dekopinda Komplek perkantoran Jalan Mejobo, Senin, (17/6/2019).

Seleksi KPN ini merupakan salah satu program Kementerian Pemuda dan Olahraga yang rutin dilaksanakan di tingkat daerah, dengan harapan bisa memperoleh pemuda yang dapat mewakili daerahnya di tingkat nasional.

Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kudus melalui Kabid Kepemudaan Muhammad Minan mengatakan, seleksi ini diikuti 17 peserta, yang sebagian besar pemuda (mahasiswa dan pelajar).

TRENDING :  Puluhan Pelajar Antusias Ikuti Pelatihan Dai Muda

Dihadapan 5 dewan juri, para peserta, selain tes wawancara, juga menunjukkan keahlian khusus atau minat dan bakatnya. Diantaranya ketrampilan seni, budaya, kemampuan olahraga, utamanya renang, karena utamanya nanti akan berlayar diatas kapal.

“Nantinya akan diambil 2 perwakilan Kudus, 1 putra dan 1 putri. Selanjutnya akan diseleksi kembali di tingkat Provinsi diambil 2 (putra dan putri) mewakili Jateng, 2 (putra dan putri) lagi untuk cadangan,” terangnya

Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah mempersatukan para pemuda dari perwakilan propinsi di Indonesia, serta mengenal dan membantu mempromosikan kekayaan alam, bahari kelautan.

Adapun syarat peserta diantaranya Pemuda berusia 18 – 24 tahun pendidikan minimal SLTA/sederajat dan maksimal S1 belum menikah, Berperilaku baik dan tidak merokok, Surat keterangan sehat jasmani dan rohani dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter pemerintah setempat.

TRENDING :  Nonton Teater Di Rumah Aja, Melihat Kebudayaan Sunda Dalam Teater Tari ‘Citraresmi’

Selain itu, aktif di masyarakat, seperti menjadi pengurus dalam kepemimpinan organisasi kepemudaan tingkat desa hingga Kabupaten, mempunyai jiwa sosial tinggi, dan juga fisik, baik tinggi badan maupun berat badan juga mempengaruhi.

Seperti diketahui, proses seleksi yang akan dilakukan tingkat Provinsi Jawa Tengah diantaranya seleksi makalah, seleksi pengetahuan umum, wawasan tentang Kebudayaan Jawa Tengah, tes fisik dan renang.

TRENDING :  Resmi Pemkab Kudus Buka Seleksi CPNS Sebanyak 382 Formasi, Terbanyak Tenaga Pendidikan

Setiap peserta seleksi diharapkan bisa lolos disetiap tahapan seleksi tersebut dan nantinya bisa mewakili Jateng ke Pulau Nias. “Seandainya mereka lolos seleksi maka nanti nama yang lolos tersebut akan dikirimkan ke Kemenpora dan akan mengikuti Sail Nias pada September 2019 mendatang,” papar Minan.

Salah satu diantara pendaftar, Noor Rif’an, pemuda asal Desa Karang Ampel Kaliwungu Kudus. Ia mengikuti KPN ini dikarenakan ingin mencari pengalaman dan mengembangkan minat dan bakatnya. “Saat mengetahui info ini dari Komunitas Karang Taruna Kudus,” terangnya kepada media ini. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :