188 Pelajar Calon Paskibraka Kudus ikuti Seleksi Parade

oleh -1,174 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Sebanyak 188 calon pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) Kabupaten Kudus, Jawa Tengah mengikuti tahap seleksi parade, Kamis (18/4/2024). Seleksi tahap parade yang melibatkan unsur TNI-Polri, Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kudus serta panitia pelaksana rekrutmen calon paskibraka ini berlangsung di Lapangan Tenis Indoor Angga Sasana Krida.

Kabid Ideologi Wawasan Kebangsaan dan Ketahanan Ekonomi, Sosial, Budaya, Agama pada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kudus, I’in Vestriaswari kepada wartawan mengatakan, seleksi parade dilaksanakan setelah peserta lulus berkas atau administrasi dan melanjutkan tes Kesehatan beberapa waktu lalu.

Tujuannya, lanjut I’in, untuk menyeleksi tubuh ideal para calon paskibraka, mulai postur, tinggi badan, dan berat badan. 

 “Juga diperiksa apakah tidak memiliki tato, tidak memiliki tindik bagi peserta laki-laki, serta posisi ketegapan bahu, kelurusan tangan, kaki X dan kaki O,” ungkapnya.

Tes parade ini dilangsungkan selama sehari. Selanjutnya, bagi peserta yang lolos tes parade akan melanjutkan seleksi berikutnya yakni Tes PBB (Peraturan Baris Berbaris) pada Senin, 25 April 2024 di Gedung Serba Guna (GSG) Komplek Gedung Olahraga (GOR) Bung Karno Kudus.

Dari rangkaian seleksi yang dilaksanakan, akan dipilih 66 peserta yang terdiri dari 44 peserta putra dan 22 peserta putri yang akan menjadi petugas Paskibraka di Kabupaten Kudus pada Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2024. (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :