3.518 Ibu Hamil di Kudus Jadi Target Vaksinasi

oleh -604 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus besama Ketua TP PKK Kabupaten Kudus, Mawar Hartopo, mencanangkan vaksinasi Covid-19 bagi Ibu Hamil. Bertempat di Puskesmas Kaliwungu, Kamis (19/8/2021), terdata ratusan ibu hamil mengkuti proses vaksinasi. Sementara untuk target keseluruhan terdapat 3.518 ibu hamil dari sembilan kecamatan yang nantinya akan mendapat vaksinasi pada periode berikutnya.

“Dari target sebanyak itu, untuk pelaksanaan vaksinasi hari ini baru 1.000 sasaran karena menyesuaikan ketersediaan vaksinnya,” kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus Andini Aridewi.

Vaksin yang dipakai, kata dia, merupakan vaksin sinovac, sedangkan syarat ibu hamil yang bisa divaksinasi minimal usia kandungannya 13 pekan atau trimester kedua.

Mawar Hartopo menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya vaksinasi bagi ibu hamil sebagai ikhtiar mencegah gejala yang berlebihan apabila terpapar Covid-19. Pasalnya, imunitas tubuh pada masa kehamilan cenderung lebih rentan terhadap penyakit.
“Apresiasi sekali vaksin bagi ibu hamil. Vaksin bukan obat tapi ikhtiar mencegah gejala-gejala yang berlebihan apabila terpapar Covid-19. Semoga ikhtiar ini memberi keselamatan bagi ibu dan anaknya kelak,” ujarnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus, Badai Ismoyo, mengatakan bahwa ibu hamil menjadi prioritas vaksinasi sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab bersama. Hal ini sebagai langkah antisipasi dari kemungkinan terburuk jika ibu hamil terpapar virus Covid-19. 

“Karena mengingat peristiwa yang sudah terpapar Covid, ini bentuk kepedulian dan tanggung jawab bersama untuk memberikan prioritas kepada ibu hamil. Target kita 3358 ibu hamil, periode sekarang baru bisa 1000 vaksin untuk ibu hamil,” jelasnya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :