396 Anggota PPS Dilantik, Ini Pesan Bupati Kudus

oleh -529 kali dibaca
Anggota PPS Kudus saat diambiul sumpah janji oleh KPU Kudus. (Aris Sofiyanto/ISKNEWS.COM)

Kudus, isknews.com – Sebanyak 396 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) se Kabupaten Kudus, resmi di lantik dan diambil sumpah janji anggota PPS oleh KPU Kudus di lapangan Sepakbola Desa Rendeng Kudus, Selasa (24/1/2023).

Bupati Kudus HM. Hartopo menekankan kepada anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) pada pemilu tahun 2024 mendatang, untuk menjaga netralitas dan objektivitas,

Dirinya menilai, sebagai anggota penyelenggara pelaksanaan pemilihan umum (pemilu), SOP wajib dipegang teguh agar pelaksanaan pemilu dapat berjalan dengan lancar dan kondusif.

“Tadi sudah disampaikan Ketua KPU, panjenengan semua harus netral. Sebagai penyelenggara pemilu, jangan berpihak dan jangan ada unsur subjektif. Harus objektif agar pelaksanaan pemilu berjalan lancar dan kondusif,” tegasnya.

Sebelumnya, Hartopo mengatakan bahwa anggota PPS yang terpilih telah melalui serangkaian proses seleksi. Dirinya juga meyakinkan bahwa selama proses seleksi, telah berlangsung secara murni tidak ada rekomendasi dari siapapun. 

“Saya pastikan dengan adanya assessment kemarin, mulai seleksi, wawancara, dan tahapan lainnya telah dilalui secara objektif dan natural. Tidak ada rekomendasi dari siapapun,” katanya.

Oleh karena itu, PPS diharap dapat bekerja dengan baik sesuai tupoksi sebagai penyelenggara pemilu. PPS juga diminta dapat memahami permasalahan politik dengan baik, karena akan terjun ke lapangan secara langsung untuk memberikan pemahaman pada masyarakat.

“Pemilu ini mencerminkan suara dan harapan rakyat. Untuk itu, saya pesan jaga hubungan baik dengan semua pihak. Profesionalisme dan integritas panjenengan menentukan masa depan bangsa karena panjenengan harus turun lapangan memberikan pemahaman pada masyarakat,” pesannya.

Terkait politik uang, Hartopo tidak setuju dengan budaya tersebut. Oleh karena itu, PPS diminta untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat supaya memilih figur pemimpin dari rekam jejak yang ada.

“Maka dari itu, berikan pemahaman kepada masyarakat agar memilih figur pemimpin dari rekam jejak, bukan semata dari nominal yang bisa ditawarkan dalam amplopan,” pintanya.

Terakhir, Hartopo mengucapkan selamat menjalankan tugas dan tanggung jawab yang diberikan dengan baik dan amanah.

“Selamat bertugas, laksanakan dengan tanggung jawab dan amanah,” pungkasnya.

Sementara Ketua KPU Kudus Naily Syarifah mengatakan, sebanyak 396 orang mengikuti pelantikan dan pengambilan sumpah sebagai anggota PPS. Dirinya berpesan untuk seluruh anggota dapat melaksanakan tugas dengan baik.

“Laksanakan tugas yang diberikan KPU dengan baik. Selamat bertugas, semoga diberikan kelancaran dan kemudahan,” ucapnya. (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :