5 Dosen UMKU Terpilih Pengajar Pelatihan Basic Cyber Security Kemkominfo

oleh -344 kali dibaca
Rektor UMKU Rusnoto, SKM, M,Kes (epid) dan suasana pelatihan Basic Cyber Security untuk Sektor Kesehatan (Foto: YM)

Kudus, isknews.com – Lima orang dosen dari Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKU) terpilih menjadi pengajar di pelatihan Basic Cyber Security untuk Sektor Kesehatan. Pelatihan ini termasuk dalam bingkai Program Digital Talent Scholarship dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, diselenggarakan 17 – 31 Mei 2022.

Rektor UMKU Rusnoto, SKM, M,Kes (epid) mengapreasi gelaran pelatihan tersebut, UMKU terus mendorong kepada para dosen untuk terus mengembangan skill dan kompetensi, pelatihan Basic Cyber Security untuk Sektor Kesehatan diperlukan kampus ini.

“Sebab embrio kampus UMKU notebene berawal dari sektor kesehatan”, ujar Rusnoto, Senin (30/05/2022).

Dijelaskan Rusnoto, tujuan digelarnya kegiatan tersebut membentuk sumber daya manusia agar mampu memahami berbagai solusi perlindungan keamanan dan keselamatan berbasis Teknologi Informasi di dunia kesehatan.

“Dalam pelatihan tersebut, peserta dibekali dengan sejumlah komptensi,” tuturnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Agung Prihandono, S.Kom,M.Cs, yang juga merupakan salah satu pengajar di pelatihan  Digital Talent Scholarship (DTS) mengemukakan bahwa program pelatihan ini membuka wawasan tentang Cyber Security terutama sektor kesehatan.

“Kedepan kegitan ini dapat diaplikasikan dalam dunia kampus dan semoga dapat dirutinkan agar perkembangan IT khusunya bidang kesehatan dapat terus ter update” ujarnya 

Sementara itu, Aris humas UMKU menjelaskan bahwa, bentuk pelatihan ini adalah Pembelajaran daring yang terbagi menjadi dua kegiatan utama yakni pembelajaran sinkron dan pembelajaran asinkron.

“Pembelajaran sinkron dilakukan dengan platform konferensi Teams dan Pembelajaran asinkron melalui kanal Microsoft learn. Kegiatan ini diselenggarakan secara nasional dan diikuti juga dari kampus-kampus lain,” tuturnya.

Sedangkan komptensi yang akan dibekalkan dalam pelatihan ini diantaranya yakni, konsep dasar kemanan dunia internet atau dunia maya, Dasar – dasar keamanan jaringan, Konsep keamanan, kepatuhan dan identitas.

“Juga dukungan Microsoft dalam pengadopsian cloud sebagai bagian dari solusi keamanan dunia internet atau dunia maya serta kasus kebocoran data di dunia Kesehatan dan Kemampuan solusi keamanannya oleh Microsoft,” tandas Aris. (AR)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.