6 Desa Heritage di Kudus ini Berpotensi Majukan Perekonomian Warga

oleh -518 kali dibaca
Masjid Langgar Dalem, konon katanya merupakan Kediaman Sunan Kudus Sebelum Membangun Masjid Menara. Foto: istimewa

Kudus, isknews.com – Untuk pengembangan tujuan wisata baru di sekitar Menara Kudus, enam desa “heritage” atau warisan sejarah di Kudus diusulkan. Hal itu sebagai upaya memajukan perekonomian masyarakat setempat.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kudus Adi Sadhono membenarkan jika ada 6 desa heritage yang diusulkan, “Enam desa yang diusulkan menjadi desa ‘heritage’ itu adalah Desa Kauman, Langgar Dalem, Janggalan, Demangan, Damaran dan Kelurahan Kerjasan. Usulan tersebut sudah ditindaklanjuti masing-masing desa untuk proges lebih lanjut,” terangnya Selasa (4/5/2021).

Berdasarkan informasi, kata dia, rumah penduduk yang bangunannya masih klasik akan dipertahankan sebagai daya tarik wisata. Termasuk ada rumah warga yang disebutkan merupakan bangunan sebelum era Sunan Kudus dengan gaya Eropa, China, Arab dan Jawa.

Sebagai destinasi wisata baru, pihaknya juga akan mempersiapkan payung hukumnya dalam bentuk peraturan bupati untuk pengembangan kawasan menara yang berlaku lima tahun.

Lebih lanjut, kata Adi Sadhono, terkait pengembangan dan pendampingan desa tersebut, menjadi kewenangannya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kudus. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :