733 Siswa MI, Mts, MA di Kudus Ikuti Kompetisi Sains Madrasah

oleh

Kudus, ISKNEWS.COM – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kudus menggelar ajang lomba bertajuk Kompetensi Sains Madrasah (KSM) tingkat MI, MTs dan MA baik swasta maupun negeri se Kabupaten Kudus, Sabtu (20/7/2019) di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kudus.

Kegiatan diikuti oleh 733 siswa, terdiri dari MI sebanyak 325 siswa meliputi materi Matematika dan IPA bertempat di Mts N 2 Kudus. Untuk tingkat MTs sebanyak 213 siswa yang meliputi materi Matematika, IPA dan IPS. MA sebanyak 195 meliputi materi Fisika, Kimia, Biologi, Ekonomi, Geografi dan Matematika. 

“Jika dilihat dengan tahun lalu, antusias peserta lebih banyak tahun ini. Tahun lalu hanya 551 siswa. Untuk penambahan peserta ada di tingkat MI,” jelas Panitia KSM 2019, Agus Siswanto kepada isknews.com

TRENDING :  Relokasi PKL Sayur Pasar Bitingan Ditunda, Begini Alasannya

Untuk yang menjadi juara pada KSM kali ini, kata Agus, akan mewakili ke tingkat Provinsi Jawa Tengah yang akan berlangsung pada tanggal 15 Agustus 2019 bertempat di Kota Kebumen, dan tingkat Nasional tanggal 9 – 13 September 2019 di Manado.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kudus Noor Badi dalam sambutanya sekaligus membuka acara secara resmi memberikan apresisiasi  kegiatan KSM yang telah berlangsung hari ini.

TRENDING :  Majukan Kampung dan SDM, Karang Taruna Kudus Gelar Pelatihan Internet

Dikatakannya, kegiatan ini bertujuan dalam rangka menggali potensi dan mengembangkan mutu pendidikan serta merupakan suatu metode pembinaan sains yang ada di madrasah.

Peserta didik harus di beri wawasan keagamaan yang kuat yang meliputi Sains dan tehnologi  dengan didasari akhlakul karimah sehingga nanti peserta didik menjadi orang yang dapat  menyeimbangkan antara intelektual, spiritual dan emosionalnya.

TRENDING :  Manajer Data Link Klarifikasi Protes Warga Soal Pembangunan Tower

“Tunjukan bahwa dengan kegiatan  ini madarasah mampu  berkompetensi dan jangan  mau kalah bersaing dengan sekolah yang di kelola oleh lembaga lain,” tuturnya dihadapan peserta Apel, Kepala MI, MTs, MA,  Pengawas, Pejabat Struktural Kemenag dan peserta KSM.

Ajang lomba ini, lanjut Noor Badi, digelar sebagai wadah kegiatan untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang Sains sehingga dapat menumbuhkan dan mencintai Sains. “Untuk siswa-siswa madrasah, agar selalu meningkatkan intelektual, emosional dan spiritual berdasarkan nilai nilai agama,” pesannya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :