75 Persen Nakes di Puskesmas Ngembal Kulon Usai Jalani Vaksinasi

oleh -245 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Puskesmas Ngembal Kulon, Kecamatan Jati, Kudus, Jawa Tengah, melaksanakan vaksinasi Covid-19 Sinovac tahap pertama.

Kepala Puskesmas Ngembal Kulon, Kamal Agus Efendi mengatakan, tahap pertama vaksinasi telah rampung dilakukan. Sebanyak 69 tenaga kesehatan (nakes) sudah disuntik vaksin Covid-19 Sinovac.

Dengan mematuhi protokol yang ketat, nakes di wilayah Puskesmas Ngembal Kulon sedang menunggu giliran vaksinasi tahap pertama.

“Kegiatan ini dilaksanakan mulai hari Selasa, 26-29 Januari 2021, dilaksanakan di aula Puskesmas Ngembal Kulon,” kata Kamal saat di hubungi media melalui telpon, Jumat (29/1/2021).

Setelah melaksanakan Vaksinasi, Kepala Puskesmas Ngembal Kulon dan Nakes melakukan foto bersama.

Lanjut Kamal, sebanyak 94 nakes yang ada masuk di aplikasi PCare dan juga mempunyai e-ticket . Namun, tidak semuanya bisa ikut menjalani vaksinasi tersebut.

“Melalui protokol kesehatan yang ketat dan sreening, hanya 69 orang yg bisa menerima vaksin,” jelasnya.

Kemudian, untuk 25 nakes yang tidak bisa menjalani vaksin, karena masuk dalam beberapa kategori. “Kategori esklusi(ada komorbid penyakit), sedang program hamil, hamil dan menyusui, dan juga mempunyai penyakit autoimun/alergi,” ucapnya.

“Ada juga yang ditunda karena tekanan darahnya 140 mmHg atau lebih, sedang ada tanda gejala lain/ISPA, atau yang bersangkutan belum bisa hadir karena sedang berada di luar kota,” imbuhnya.

Untuk nakes yang sudah menjalani vaksinasi di wilayah Puskesmas Ngembal Kulon, ada sekitar 75 persen.

Disingung soal efek samping, pihaknya mengaku tidak ditemukan KIPI ( Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi) atau efek samping yang lain pada semua nakes yang mengikuti vaksinasi.

Kamal berharap, dengan adanya pemberian vaksinasi yang sudah diprogramkan pemerintah ini dapat mempercepat terbentuknya kekebalan kelompok atau Herd Imunity.

“Untuk itu setelah mendapatkan vaksin untuk tetap disiplin menerapkan 3M agar imunitas tubuh tetap terjaga dengan baik dan bisa terhindar dari penularan virus Covid-19,” pungkasnya. (*)

KOMENTAR SEDULUR ISK :