85 Narapidana Rutan Kelas IIB Kudus Diusulkan Dapat Remisi HUT RI

oleh -459 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Sebanyak 85 narapidana di Kudus diusulkan dapat menerima remisi atau pengurangan masa hukuman pada HUT RI ke-76. Mereka akan mendapatkan pengurangan masa hukuman setelah mendapatkan persetujuan oleh Kementerian Hukum dan  Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

“Usulan remisi telah disampaikan kepada Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham RI di Jakarta. Untuk tahun ini, ada 85 narapidana diusulkan mendapatkan remisi kemerdekaan, sampai saat ini blm turun,” kata Kepala Rutan II B Kudus Suprihadi melalui Kepala Pelayanan Tahanan Rutan Kudus, Eko Budi Hartanto, Kamis (12/8/2021).

Diantaranya kdrt : 1 orang, kesusilaan : 3 orang, mata uang : 1 orang, narkotika : 8 orang, pembunuhan : 2 orang, penadahan : 1 orang, pencurian  : 27 orang, penggelapan : 3 orang, penipuan : 3 orang, perampokan : 15 orang, perjudian : 1 orang, perlindungan anak : 18 orang, korupsi : 2 orang, total 85 orang.

Adapun di Rutan Kudus, pidana umum 80 % Pidana Khusus 20 %. Ia menjelaskan, puluhan narapidana yang diajukan untuk mendapatkan remisi tersebut telah memenuhi persyaratan. Seperti halnya masa tahanan sudah dijalani minimal enam bulan dan dengan syarat berkelakuan baik selama menjalani hukuman. “Mereka terjerat berbagai kasus. Dan jika disetujui akan ada satu narapidana kasus pencurian yang langsung bebas usai mendapatkan remisi,” jelasnya.

Sementara hingga hari ini, total ada 145 narapidana di Rutan Kelas II B Kudus. Sebagian besar, napi tersebut juga telah melakukan vaksinasi tahap pertama pada Selasa (27/7/2021) lalu. “Jumlah itu tidak terlalu banyak, karena memang berangsur berkurang karena tahun ini juga ada 69 narapidana yang kami berikan asimilasi. Tapi tetap dalam pantauan dan wajib absen atau lapor, ” pungkasnya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :