Ada Yang Beda Dalam PPDB Tingkat SMA

oleh
Istimewa

Kudus, ISKNEWS.COM – Pendaftaran peserta didik baru (PPDB) tingkata SMA tahun ini ada yang berbeda. Pasalnya, selain penetapan zonasi yang menggunakan jarak pusat pemerintahan desa dengan sekolah, dan yang paling baru terkait pembuatan akun sebelum daftar dan datang ke sekolah.

Hal itu dikatakan Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) tingkat SMA Sri Haryoko, Kamis (18/4/2019).

Selain zonasi, lanjutnya, ada yang berbeda dari tahun sebelumnya. “Pada tahun lalu siswa daftar lewat online hanya mengisi biodata, bahkan bisa datang langsung ke sekolah. Untuk saat ini calon peserta didik sebelum melakukan isi formulir dan datang ke sekolah wajib membuat akun terlebih dulu,” ujarnya.

TRENDING :  Petugas SPBU ini Nampak Anggun Dengan Pakaian Khas Kartini

Sri Haryoko mengatakan, memang pihaknya harus sosialisasi sejak dini, supaya siswa yang akan melanjutkan ke SMA mengerti tata cara pendaftaran. Apalagi, bagi orang tua yang diyakini pada saat hari H PPDB masih ada yang kebingungan.

TRENDING :  Komunitas Gebbrag Kudus Berbagi Takjil ke Penunggu Pasien Kelas III Rumah Sakit

Nantinya, bagi para calon siswa baru, bisa masuk kuota asal sudah memiliki akun. Bila calon peserta didik baru belum bisa terpenuhi kuota di SMA tujuan pertama, maka otomatis bisa bergeser ke SMA pilihan kedua dan seterusnya.

Karena, antisipasi kuota zonasi. Ia menyarankan minimal dua pilihan sekolah, atau lebih saat pendaftaran. Saat ini juknis PPDB SMA masih proses di Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah. Setelah nanti juknisnya ada, kami berencana melakukan pertemuan dengan MKKS tingkat SMP.

TRENDING :  Saka Pariwisata Kudus Famtrip Kampung Lebah dan Air Terjun Kedung Gender

“Sistem pencabutan berkas nantinya bisa dilakukan setelah mengetahui pergeseran ke pilihan berikutnya. Tidak bisa dicabut di tengah jalan, seperti tahun-tahun sebelumnya,” pungkasnya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :