Adu Ketrampilan di Ajang Pesta Siaga Kwarran Mejobo Kudus

oleh

Kudus, isknews.com – Sebanyak 58 pramuka siaga SD/MI mengikuti Pesta Siaga tingkat Kwartir Ranting Mejobo 7yang dihelat di SD 2 Jepang Kecamatan Mejobo Kudus, Sabtu (4/1/2020).

Waka Bina Muda, Kwarran Mejobo, Suharto mengatakan, Dengan berbaris rapi, tiap barung mendatangi taman-taman kegiatan. Di sini mereka akan diuji pengetahuan dan keterampilannya oleh para pembina pramuka siaga.

Ada sepuluh taman kegiatan yang harus mereka datangi yakni Taman Ketaqwaan, Taman Toleransi Beragama Taman Kemampuan Indera Manusia, Taman Tali dan Ikatan, Taman Kompas, Taman PBB, Taman “Fun Ball” Taman Pentas Budaya, Taman Kebersihan Lingkungan, Taman Bumbung Kemanusiaan.

Dalam ajang yang digelar rutin setiap dua tahun ini, peserta yang merupakan perwakilan dari tiap kwartir ranting (Kwarran) ini beradu keterampilan dan kreativitas secara sportif. Seperti terlihat pada saat mereka mengikuti kegiatan di taman seni budaya. Masing-masing peserta menunjukkan keterampilan dan kreativitasnya menari.

TRENDING :  Polres Kudus Tindak Tegas! Jika Ada Anggota Konsumsi Narkoba

Tampak para pramuka siaga dengan mengenakan kostum berwarna-warni lihat menarikan tarian khas nusantara. Tak hanya adu terampil dan kreatif, dalam ajang tersebut, pramuka siaga juga diajak untuk hidup tolong-menolong dan gotong royong.

”Pesta siaga ini sebagai wahana bermain sambil belajar bagi anak-anakku pramuka siaga. Gunakan kesempatan ini untuk mengasah keterampilan kalian, kemampuan kalian dalam bekerjasama. Cermati setiap kali menjawab soal dan jaga kekompakan di setiap permainan,” tuturnya.

TRENDING :  Anggota DPRD Kudus Irwansyah Gerakkan Industri Rumahan Buat APD dan Masker

Menurut Suharto, pelaksanaan kegiatan pesta siaga dimaksudkan sebagai sarana memberikan wadah yang terarah bagi peserta didik, sehingga diharapkan pramuka siaga dapat meningkatkan pengetahuan, pengalaman, keterampilan, serta mengembangkan dirinya. ”Kegiatan ini diharapkan akan menopang pembentukan karakter dan watak disiplin, cinta tanah air maupun patriotisme. Upaya ini juga dalam rangka penanaman sikap disiplin, patriotisme, dan cinta tanah air bagi generasi bangsa,” tegasnya.

Menurutnya ada pesan moral, pesan spiritual dan juga nilai-nilai kebaikan yang ditanamkan dari setiap permainan. Semua itu sebagai bekal pengetahuan dan bekal pengalaman yang berharga yang akan membantu proses pembentukan karakter di kemudian hari.

TRENDING :  Jumat Pekan Pertama, Pejabat Struktural Tampil Beda dengan Pakaian Adat

Diharapkan, pramuka siaga ini menjadi pribadi yang baik, mandiri dan cakap serta bermanfaat bagi lingkungan, utamanya di lingkungan sekolah dan keluarga. Sebagai anggota pramuka, mereka juga diharapkan menjadi contoh baik di sekolah.

Diantaranya dengan menjadi pribadi yang santun, memiliki akhlak mulia, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, pantang menyerah dan tidak mudah putus asa. Selain itu disiplin, siap membantu sesama dalam kebaikan dan menghormati guru sebagai orang tua di sekolah, menjaga kebersihan sekolah dan cinta lingkungan hidup. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :