Agar Lebih Berdaya Saing, Pelaku UMKM Makanan di Kudus Dilatih Pemasaran Online

oleh -419 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Sebanyak 25 pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kudus mengikuti pemasaran online selama 4 hari, mulai 13-16 september 2021.

Kepala Dinas Dinas Tenaga Kerja Perindustrian, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Kudus Rini Kartika Hadi Ahmawati menejlaskan bahwa kegiatan ini melatih 25 pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) dalam memasarkan produknya secara daring agar lebih berdaya saing.

“Selama masa pandemi pertumbuhan pelaku UMKM cukup banyak, terutama kuliner. Sebagian besar pelaku UMKM di Kabupaten Kudus juga didominasi pelaku UMKM di bidang makanan dan minuman,” paparnya, Senin (13/9/2021).

Ia mencatat dari 15.984 pelaku UMKM sekitar 90 persennya merupakan pelaku UMKM di bidang makanan dan minuman. Sementara yang mengikuti pelatihan pemasaran secara daring juga dari UMKM yang berjualan makanan dengan harapan usahanya semakin berkembang dengan baik.

Apalagi, kata dia, pemasaran secara daring, baik memanfaatkan media sosial maupun perdagangan elektronik atau e-commerce jauh lebih murah. Hanya saja untuk bisa menarik minat pembeli baik melalui medsos maupun e-commerce harus dipastikan kemasannya menarik.

“Pelatihan diambilkan dana alokasi khusus (DAK) dari pusat, dimana dalam prosesnya tidak sekadar bagaimana memasarkan produknya secara daring, melainkan juga harus diperhatikan kemasan produknya dan cara mengambil gambar untuk ditampilkan di media sosial maupun e-commerce,” terangnya.

Narasumber yang dihadirkan juga ada yang dari pakar teknologi informatika serta narasumber berkompeten lainnya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :