Alumni Expo SMA NU AL Ma’ruf , Plt. Bupati Dorong Inovasi UMKM

oleh

Kudus, ISKNEWS.COM – Belasan stand UMKM menampilkan produk unggulan yang berjajar rapi di halaman SMA NU Al Ma’ruf Kudus (SMANUAL). Produk dari masing-masing stand merupakan hasil karya Alumni SMA NU Al Ma’ruf yang tergabung dalam ILMAKU. Kegiatan bertajuk Alumni Expo tersebut merupakan bagian dari rangkaian peringatan HARLAH EMAS SMA NU Al Ma’ruf Kudus. Expo yang akan berlangsung dua hari tersebut dihadiri langsung oleh Plt. Bupati Kudus H.M. Hartopo pada Jumat (20-09-2019) sore.

Plt. Bupati Kudus sangat mendukung dan mengapresiasi adanya acara Alumni Expo oleh SMA NU Al Ma’ruf Kudus. Hal tersebut diyakini sebagai bukti masih solidnya peran alumni dalam hal pengembangan sekolah. Expo yang diselenggarakan di lingkungan sekolah diharapkan dapat memacu para siswa untuk terinspirasi dengan karya para alumni. Sehingga kedepan, siswa dapat semakin termotivasi untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi.

TRENDING :  Bupati Kudus Berpesan Supaya ASN Jadi Suri Tauladan

Belasan stand UMKM menampilkan produk unggulan yang berjajar rapi di halaman SMA NU Al Ma’ruf Kudus (SMANUAL) ( Foto : Istimewa )

“Maka dari itu potensi-potensi UMKM pada sore hari ini akan diperlihatkan kepada umum dan tidak hanya untuk keluarga besar SMA NU Al Ma’ruf Kudus. Untuk menonjolkan potensinya bahwa kreativitas dan inovasi dari para alumni bisa ditunjukkan kepada masyarakat Kudus. Potensi kerajinan pada expo bisa menjadikan kegiatan berkelanjutan dalam UMKM kedepan,” ujarnya.

Dukungan terhadap pelaku UMKM di Kabupaten Kudus selalu diberikan oleh pemerintah daerah. H.M. Hartopo mengungkapkan bahwa Pemkab Kudus telah melaksanakan program unggulan yakni pelatihan wirausaha baru tiap tahunnya. Dirinya menjelaskan pada tahun 2018 lalu telah dilaksanakan uji coba pelatihan 50 wirausaha baru, dan tahun ini akan dilakukan pelatihan untuk 500 wirausaha.

TRENDING :  Bupati Tamzil Serahkan Kartu BPJS Ketenagakerjaan Kepada 500 PKL CFD dan Balai Jagong

“Sesuai dengan program pemerintah dalam kewirausahaan, setiap tahun ada 500 wirausaha baru, dalam hal ini sudah berjalan dan terealisasi untuk 50 wirausaha pada 2018. Pada tahun ini akan dicetak 500 wirausaha baru yang saat ini masih pada tahap pelatihan di BLK. Program ini ditujukan untuk mengurangi angka pengangguran dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Badan Pelaksana Penyelenggara Pendidikan Ma’arif NU (BP3MNU) Sunan Djafar Shadiq, K.H. Asyrofi Masyitoh mengatakan bahwa penyelenggaraan Alumni Expo digagas oleh perkumpulan alumni yang tergabung dalam ILMAKU. Pihaknya menganggap peran ILMAKU mampu mendorong generasi alumni selanjutnya untuk menjadi kader-kader yang berprestasi dan mengharumkan almamater SMA NU Al Ma’ruf. Dirinya menambahkan bahwa setelah Alumni Expo masih ada rangkaian kegiatan selanjutnya.

TRENDING :  Tingkatkan Inklusi Keuangan Bagi Masyarakat, OJK Tertibkan Perusahaan Gadai

“Kegiatan Alumni Expo akan diselenggarakan selama dua hari pada Jumat-Ahad, 20-22 September. Kemudian, kegiatan peringatan HARLAH EMAS akan dilanjutkan dengan acara Halaqoh Tilawatil & Lomba Hadroh, Festival 50 Kuliner Khas Kudus Serba 5000 dalam rangka nguri-uri kuliner masa lalu, lomba kaligrafi, story telling dan DSC, dan kejuaraan marching band,” pungkasnya. (*)

KOMENTAR SEDULUR ISK :