Jembatan Tanggulangin II Dibangun, Jalur Kudus Demak Bakal Jadi Dua Arah

Kudus, ISKNEWS.COM – Proses pembangunan Jembatan Tanggulangin II dan III kini sedang berlangsung. Jembatan yang melintas diatas Sungai Wulan atau yang sering disebut Jembatan Kolonel Sunandar itu ditargetkan tuntas pada Juni 2019 medatang.

Pembangunan akses penghubung pantura timur yang melintasi wilayah Kota Keretek tersebut, dimodali dengan dana Rp 115,55 miliar.
Akibatnya jembatan tanggulangin II yang menghubungkan Kabupaten Demak dengan Kudus akan ditutup selama proses pembangunan. Selanjutnya, selama penutupan jembatan sisi kiri (jembatan Tanggulangin I) akan diubah menjadi dua jalur.

style="display:block; text-align:center;" data-ad-layout="in-article" data-ad-format="fluid" data-ad-client="ca-pub-4918360277293205" data-ad-slot="1144672621">

“Agar lalu lintas lancar media jalan depan SPBU Tanggulangin akan dibongkar 20 meter,” ujar Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kudus Abdul Halil melalui Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ), Putut Sri Kuncoro, Jumat (31/08/2018).

Penutupan jembatan dua tanggulangin hingga pengalihan jalur sudah dirapatkan di Ruang Setda Kudus.
“Penutupan jembatan tersebut direncanakan berlangsung selama lima bulan yang dijadwalkan mulai bulan September 2018 hingga Januari 2019,” terangnya.

Jembatan tanggulangin II yang akan segera dibangun. Sabtu (01-09-2018). (Yuliadi Mohammad/ISKNEWS.COM)

Arus lalu lintas dari arah Pati maupun Semarang diarahkan melalui jembatan I, yang nantinya diberlakukan menjadi dua jalur kendaraan. Setelah sebelumnya hanya untuk melintas kendaraan dari arah Kudus dan Pati, sedangkan dari Semarang melintasi jembatan II.

“Karena ada pembangunan jembatan tambahan atau jembatan Tanggulangin III yang lokasinya berada di sisi utara, maka untuk kelancaran dalam pengerjaannya pelaksana proyek mengajukan izin penutupan total. Selain itu, pihak pengembang juga sudah membuat design pengalihan jalur. Dari designnya kami tidak keberatan. Sementara rambu – rambu jalan juga sudah disiapkan dari pengembang,” ungkapnya.

Untuk waktu penutupan diperkirakan menjelang akhir September. Masyarakat dan pengendara yang melintas diminta tidak khawatir, kalau jembatan ditutup nanti ada pengalihan jalan.
“Kami juga sudah ada koordinasi dengan Dishub Demak, terkait rencana penutupan jembatan II, maka jembatan yang berada di sisi kiri dibuat menjadi dua jalur,” terang dia.

Dijelaskannya, pengendara yang melaju dari arah utara ke selatan atau dari kudus ke demak lurus seperti biasa.
Tapi untuk kendaraan yang dari arah selatan ke utara atau Demak ke Kudus juga sampai di depan SPBU Tanggulangin beluk kiri ke jalan yang berada di depan SPBU.

“Agar kendaraan dapat leluasa saat belok ke kiri, median jalan depan SPBU dibongkar 20 meter,” ungkapnya.
Dia melanjutkan, nantinya akan ada kajian terkait penerapan tersebut. Sebab, dari selatan masuk kudus banyak pondok pesantren, perusahaan pura, dan ruang terbuka hijau (RTH).

Hal senada juga disampaikan Kasat lantas Polres Kudus AKP Eko Rubiyanto melalui KBO Lantas Iptu Sucipto mengatakan, sementara pengalihan jalan dari demak ke kudus agar tidak melintasi jembatan dua tanggulangin berada di depan PO Nusantara.

”Kemudian, kendaraan dari arah Demak memasuki Kudus jika ingin berbelok ke jalur lingkar di pertigaan terminal induk ke kanan bisa. Tapi jika terjadi kemacetan bisa kami alihkan di perempatan belakang hotel Griptha ke kanan juga bisa sampai jalan lingkar,” pungkasnya. (NNC/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :
IskJembatan Tanggulangin IIkudus