Anggota MPR Musthofa Pesankan Pentingnya Peran Pendidik Tingkat Dasar Ajarkan Nilai Pancasila Bagi Generasi Muda

oleh -118 kali dibaca
Anggota MPR Dr. H. Musthofa, saat memberikan sosialisasi 4 pilar kebangsaan dihadapan anggota forum pendidik dasar di Kudus (Foto: istimewa)

Kudus, isknews.com – Anggota MPR Dr. H. Musthofa, S.E., M.M yang juga anggota DPR dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Jawa Tengah II dan membidangi Komisi XI, menggelar sosialisasi empat pilar dengan audiens puluhan anggota forum pendidik tingkat dasar di Kabupaten Kudus, Senin (14/03/2022).

Menurut Musthofa, banyak orang yang hafal Pancasila, tetapi mereka jarang yang memahami makna dari Pancasila itu sendiri dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan adanya sosialisasi empat pilar tersebut, generasi muda tidak hanya hapal dengan Pancasila, melainkan juga memahami tentang makna Pancasila itu sendiri.

“Kami sengaja menyasar kalangan tenaga pendidik tingkat dasar, karena bertujuan untuk membentuk fondasi yang kuat terhadap generasi muda yang nantinya akan menjadi generasi penerus bangsa, Pancasila sangat mudah di ucapkan bahkan di hafalkan, tetapi yang terpenting adalah Pengamalan di Kehidupan sehari-hari,” kata dia.

Empat pilar kebangsaan tersebut adalah Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika.

Dijelaskan oleh Musthofa, penanaman empat pilar kepada siswa tingkat dasar sangat penting tujuannya agar siswa mengetahui identitas negaranya sehingga memiliki rasa cinta tanah air dan menjadi warga negara Indonesia yang berakhlak mulia, cerdas, partisipatif dan bertanggung jawab.

“Bagaimana cara penyampaian ke anak-anak tingkat dasar inilah yang menjadi peran utama panjenengan semua, karena panjenengan semua lah yag paham karakter anak didik di tingkat paling dasar,” tuturnya.

Dirincinya, Pancasila digunakan sebagai penunjuk arah semua kegiatan atau aktifitas hidup dan kehidupan di dalam segala bidang. Ini berarti bahwa semua tingkah laku dan tindak/perbuatan setiap manusia Indonesia harus dijiwai dan merupakan pancaran dari semua sila Pancasila karena Pancasila sebagai weltanschauung selalu merupakan suatu kesatuan, tidak bisa dipisah-pisahkan satu dengan yang lain.

Ditekankannya, bahwa kegiatan sosialisasi empat pilar perlu ditingkatkan kegunaan dan kemanfaatannya bagi publik melalui perbaikan dan pembaharuan model sosialisasi yang dibutuhkan oleh masyarakat, khususnya tenaga pendidik tingkat dasar.

“Dikarenakan agar paham betul akan makna dari Pancasila dan UUD-45. Hal ini juga dimaksud agar mampu menghadapi infiltrasi budaya asing dan kebebasan masyarakat dalam kontek radikalisme,” terang Musthofa.

Siti Rahma, Ketua Forum Tenaga Pendidik Tingkat Dasar Kecamatan Mejobo dalam sosialisasi tersebut  berharap, para pendidik tingkat dasar dapat memberikan pemahaman yang mudah di mengerti nilai-nilai dari Pancasila serta bagaimana mengimplementasikannya di kehidupan sehari-hari.

“Dengan terlaksananya kegiatan ini kami berharap akan memperkuat sinergi antara anggota MPR RI dengan masyarakat, terutama para pendidik ditingkat dasar,” tandasnya. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.