Antisipasi Corona, Ponpes Al-Qaumaniyah Kudus Disemprot Disinfektan

oleh

Kudus, isknews.com – Sejumlah upaya untuk mengantisipasi penyebaran virus corona (Covid-19) mulai dilakukan. Salah satunya dengan menyemprot cairan disinfektan di Pondok Pesantren Al-Qaumaniyah, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus.

Penyemprotan disinfektan dilakukan oleh Rabithah Ma’ahid Islamiyah (RMI) atau asosiasi pondok pesantren se-Kabupaten Kudus dan GP Anshor setempat.

“Mereka mewujudkan kepeduliannya terhadap pondok pesantren, dan beberapa masjid untuk mengadakan penyemprotan disinfektan sekaligus pencegahan secara umum,” Kata Ketua RMI sekaligus pengasuh pondok pesantren Al-Qaumaniyah KH. Muhammad Mujib disela-sela penyemprotan.

TRENDING :  Perda RTRW Kudus Mendesak Direvisi

Sebanyak 150 ponpes di Kudus diimbau untuk melakukan hal yang sama. “Hal ini adalah upaya pencegahan dan pemeberantasan covid 19,” ujar terangnya, Minggu (22/3/2020).

Terus terang virus ini menjadi wabah nasional, jadi baik santri atau wali santri sementara tidak boleh ada kunjungan, dan menghindari kontak ke orang luar.

TRENDING :  Pengawasan Jajanan Sekolah Diperketat

“Kegiatan ponpes tetap berjalan seperti biasa, namun kita tetap mengacu protokol yang telah ditetapkan, gejala-gelaja yang ada, yakni ada peraturan yang harus dipenuhi santri,” jelasnya.

Santri Al-Qaumaniyah total ada 300-an, sekitar 200 diantaranya masih muqim dan tinggal dipesantren, Lalu sisanya dipulangkan. Mereka tidak serta merta pulang sendiri, akan tetapi prosedurnya kita pulangkan sampai tempat tinggal masing-masing.

TRENDING :  Sedulur Maiyah Kudus Tadabburan Bahas Warta Sulaya atau Hoax

Mereka (santri yang dipulangkan) rata-rata adalah santri yang juga mengenyam pendidikan formal, “Selain Ngaji kitab juga sekolahanem format,” ujarnya.

Berbagai upaya pencegahan dilakukan, termasuk santri yang baru masuk pondok untuk di tes suhu badan, “Hal itu dilakukan agar santri dan santriwati lebih tenang belajarnya dengan mewabahnya virus corona,” harapnya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :