Apakah progam bantuan BSM(bantuan siswa miskin) itu harus dipangkas pihak sekolah ???

oleh -1,119 kali dibaca

Apakah progam bantuan BSM(bantuan siswa miskin) itu harus dipangkas pihak sekolah ???

Pati,isknews.com – (19/01) Diawal tahun 2016 ini progam dari pemerintah yaitu Bantuan siswa miskin (BSM) disalurkan kepada anak sekolah melalui lembaga penyalur yang sudah ditentukan oleh mekanisme penyaluran progam BSM.

Progam Bantuan siswa miskin (BSM) tersebut bertujuan untuk mendorong anak-anak yang kurang mampu untuk tetap terus bersekolah,Sedangkan alokasi Bantuan siswa miskin (BSM) untuk memenuhi kebutuhan siswa yang tidak ada di dalam mekanisme alokasi Bantuan oprasional sekolah (BOS),Seperti untuk membeli baju seragam,buku tulis,sepatu dan transportasi siswa.

Progam Bantuan siswa miskin (BSM) ini bersifat bantuan langsung kepada siswa dan kita harus bisa membedakan bahwa BSM bukan beasiswa,karena penerima BSM berdasarkan kondisi ekonomi siswa dan bukan berdasarkan prestasi siswa atau beasiswa.dengan alokasi pembagian kepada siswa bervariasi untuk SD dan MI,SMP dan MTS,SMA/SMK dan MI.

1. SD dan MI sebesar Rp 225.000 per semester atau 450.000 pertahun.
2. SMP dan MTS sebesar 375.000 persemester atau 750.000 pertahun.
3. SMA/SMK dan MA sebesar 500.000 persemester atau 1.000.000 pertahun.

Banyaknya informasi yang beredar dimasyarakat mengenai Bantuan siswa miskin (BSM) dipangkas pihak sekolah dengan dalih untuk sumbangan sukarela.Perwakilan Korwil Jateng PIN RI,Tugi,angkat bicara dalam hal tersebut,

“Apa yang dimaksud dengan sumbangan sukarela itu ? Kalau setiap anak harus membayar sama itu namanya sudah dikondisikan oleh pihak sekolah dan orang tua wali murid wajib menanyakan alasanya apa,kenapa pihak sekolah memangkas bantuan itu”katanya kepada media isknews.com LINTAS PATI.

Tak hanya itu dirinya juga mengajak seluruh orang tua wali murid yang merasa sebagian Bantuan siswa miskin (BSM) dipangakas pihak sekolah tanpa alasan yang jeles dapat menanyakan kejelasan penggunaanya kepada pihak sekolah.

“Untuk orang tua wali murid yang anaknya menerima bantuan BSM namun dipangkas pihak sekolah,saya harapkan mereka menayakan kejelasan pengunaan uang tersebut kepada pihak sekolah.karena hal tersebut menurut saya bisa menjadi ajang untuk mengambil keuntungan.”Tegas Tugi perwakilan jawa tengah Lembaga PIN RI.(Wibawa)

KOMENTAR SEDULUR ISK :