Awali Senin Besok, Warga Muhammadiyah Kudus Laksanakan Ibadah Puasa Ramadan

oleh -1,198 kali dibaca
sekretaris Pimpinan Muhammadiyah Kudus, Zulfa Kurniawan (Foto: istimewa/dokumentsi pribadi)

Kudus, isknews.com – Sejalan dengan Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah di Jakarta, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kudus juga menetapkan 1 Ramadan 1445 H pada 11 Maret, Idulfitri 1 Syawal pada 10 April, dan Puasa Arafah 9 Zulhijah pada 16 Juni, serta Iduladha 10 Zulhijah 1445 H pada 17 Juni 2024.

Ketetapan itu tertuang dalam Maklumat Nomor 1/MLM/I.0/E/2024 ini ditandatangani oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir dan Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu’ti pada 12 Januari 2024.

Sekretaris PDM Kudus, Zulfa Kurniawan, melalui pesan singkat menyampaikan bahwa PP Muhammadiyah telah menetapkan 1 Ramadhan 1445 H jatuh pada hari Senin, Tanggal 11 Maret 2024 dan berbeda dengan awal puasa yang ditetapkan Pemerintah yakni tanggal 12 Maret 2024.

“Muhammadiyah mengajak kepada semua umat Islam yang sudah berkewajiban berpuasa Ramadhan, untuk menjalankan puasa Ramadhan dan ibadah sunnah di bulan Ramadhan dengan penuh ketaatan dan keikhlasan,” kata Zulfa, Minggu (10/03/2024).

PDD Kudus berpesan agar warga Muhammadiyah manfaatkan momentum bulan Ramadhan untuk meningkatkan kualitas ibadah dan ketaqwaan kita semaksimal mungkin.

“Walaupun berbeda dalam penetapan awal Ramadhan, mari tetap menjaga kebersamaan dan saling menghormati perbedaan yang ada.”

Dijelaskan oleh Zulfa bahwa keputusan penetapan oleh PP Muhammadiyah tersebut dilakukan dengan menggunakan metode Hisab Wujudul Hilal Hakiki.

“Inshaallah malam ini warga Mhammadiyah Kudus sudah melaksanakan Salat Tarawih dan menunaikan puasa besok. Marhaban ya Ramadhan, Kami keluarga besar PDM Kudus mengucapkan selamat menjalankan ibadah di bulan Ramadhan yg penuh berkah. Mohon maaf lahir & batin,” tuturnya. (YM/YM)

“Semoga maklumat ini diikuti oleh warga Muhammadiyah,” kata Sayuti.

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.