Bakal Berlaku Secara Nasional, PPL Gembong Gencarkan Sosialisasi Kartu Tani

oleh -1,049 kali dibaca

Pati, isknews.com (Lintas Pati) – Bakal diberlakukannya program Kartu Tani secara menyeluruh di Nusantara, pada tahun depan. Membuat Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) di seluruh Bumi Mina Tani, bergerilya melangsungkan sosialisasi program tersebut.

Seperti yang terlihat di Desa Klakahkasihan, Kecamatan Gembong, Pati, Selasa (12/09/2017). Sejumlah pihak terkait, yakni PPL, Gapoktan Kecamatan Gembong, Penyuluh Pertanian, Mantri Tani, Mantri Ternak, Pengecer Pupuk, Distributor Pupuk, Koramil Gembong dan bank yang ditunjuk, bersama-sama menyukseskan program yang digagas Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo itu.

“Rencananya program ini akan dilangsungkan secara Nasional pada Januari tahun depan, wacananya akan diterbitkan instruksi presiden tentang Kartu Tani,” ungkap Koordinator PPL Kecamatan Gembong, Sri Ratnawati, Rabu (13/09/2017) saat ditemui awak media.

Selain sebagai alat untuk menebus pupuk bersubsidi, lanjut dia, kartu tani juga berfungsi untuk Kredit Usaha Rakyat (KUR). Juga, sebagai asuransi tani jika petani mengalami gagal panen.

“Pihak bank yang ditunjuk juga telah memberikan praktek, cara bertransaksi menggunakan Elektronik Data Capture (EDC) untuk menggesek kartu debit, saat petani membutuhkannya untuk menebus pupuk bersubsidi,” jelas Ratnawati.

Tandasnya, kartu tani sangat penting bagi petani, pasalnya bagi petani yang belum memiliki kartu tani bisa dipastikan tidak dapat membeli pupuk bersubsidi, dan beberapa kemudahan dari pemerintah. (Wr)

KOMENTAR SEDULUR ISK :